Rahayu, Sri (2014) “Konsep Pendidikan Keluarga Sakinah dalam Islam” (Analisis Ilmu Pendidikan Islam). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf Download (546kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DFATRAPUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
Abstract
Dalam realita kehidupan di masyarakat banyak persepsi yang kurang tepat mengenai keluarga sakinah. Sebagian orang ada yang berusaha mencari dan menumpuk harta kekayaan sebanyak-banyaknya, karena mereka menganggap bahwa dengan harta itulah akan diraih kehidupan yang sakinah. Ada pula yang senantiasa berupaya untuk menyehatkan dan memperindah tubuhnya. Ada juga yang berpandangan bahwa kehidupan yang sakinah bisa diperoleh semata-mata pada makanan lezat dan beraneka ragam, tempat tinggal yang luas dan megah, serta pasangan hidup yang rupawan, sehingga mereka berupaya dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan itu semua. Memang persepsi ini tidak sepenuhnya salah, tetapi kalau pembentukan keluarga sakinah difokuskan pada itu semua jelas kurang tepat. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui konsep keluarga sakinahdalam Islam berdasarkan analisis Ilmu Pendidikan Islam, 2) mengetahui tujuan pendidikan keluarga ditinjau dari Ilmu Pendidikan Islam, 3) mengetahui langkah-langkah yang perludiperhatikan dalam menciptakan keluarga yang sakinah. Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama dalam masyarakat, karena dalam keluargalah manusia dilahirkan, berkembang menjadi dewasa. Bentuk dan isi serta cara-cara pendidikan di dalam keluarga akan selalu mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya watak, budi pekerti dan kepribadian tiap-tiap manusia. Maka pembinaan pendidikan dalam keluarga sangat penting dalam upaya membangun keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah. Keluarga sakinah berarti keluarga yang tenang, damai, tidak banyak konflik serta mampu menyelesaikan problem-problem yang dihadapi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Seiring dengan masalah yang akan diteliti maka proses analisisnya dengan menggunakan data kualitatif yang dianalisis secara logis dengan menggunakan logika pikir yang akurat yang dibantu dengan Ilmu Pendidikan Islam sebagai alat analisis. Dan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Dan penelitian ini sepenuhnya menggunakan riset perpustakaan (library research). Keluarga sakinah adalah suatu keluarga yang dibangun dengan niat yang ikhlas dan dibarengi dengan komitmen untuk berjuang bersama yang penuh pertimbangan dan persiapan yang matang yang dilandasi oleh pondasi yang kokoh (agama). Tujuan pendidikan keluarga sakinah adalah mampu memenuhi hajat hidup spiritual dan material seluruh anggota keluarganya. Langkah dalam pembentukan keluarga sakinah: masa pra nikah, masa keluarga awal, masa keluarga dewasa, masa keluarga tua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Islam > Marriage and Family Life |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 19:19 |
Last Modified: | 05 Feb 2018 19:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6007 |
Actions (login required)
View Item |