Analisis kadar fenol pada larutan hasil fotokatalisis metilen biru dengan semikonduktor ZnO menggunakan metode folin-ciocalteu

Sulistiawati, Yuni Shiyami (2022) Analisis kadar fenol pada larutan hasil fotokatalisis metilen biru dengan semikonduktor ZnO menggunakan metode folin-ciocalteu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Pada fotokatalisis metilen biru menggunakan semikonduktor ZnO dapat menurunkan intensitas zat warna dan degradasi metilen biru menjadi CO2 dan H2O. Produk antara dari larutan hasil fotokatalisis salah satunya yaitu fenol. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kadar fenol pada larutan hasil fotokatalisis metilen biru menggunakan metode folin-ciocalteu. ZnO dari limbah baterai Zn-C disintesis dengan metode presipitasi yang diaplikasikan dalam penurunan intensitas zat warna metilen biru berdasarkan waktu penyinaran dengan sinar tampak hingga didapat %dekolorisasi optimum. Selanjutnya, dilakukan fotokatalisis lanjutan di bawah sinar tampak berdasarkan variasi waktu (30, 60, 90, 120, dan 150 menit). Produk antara dari hasil fotokatalisis berupa fenol ditentukan kadarnya secara kuantitatif dengan metode folin-ciocalteu. Hasil karakterisasi XRD menunjukkan bahwa ZnO hasil sintesis memiliki struktur heksagonal dan grup ruang P63mc yang sama dengan ZnO standar. Sedangkan hasil karakterisasi SEM menunjukkan bahwa adanya morfologi ZnO yang tidak seragam dengan adanya aglomerasi partikel ZnO. Uji aktivitas fotokatalitik terhadap metilen biru menggunakan ZnO sebanyak 100 mg dengan konsentrasi metilen biru 10 ppm sebanyak 15 mL pada pH 10 di bawah sinar tampak selama 360 menit sebagai keadaan optimum. Sehingga, didapatkan konsentrasi akhir metilen biru sebesar 0,17 ppm dan %dekolorisasi sebesar 98,3%. Fotokatalisis dilanjutkan berdasarkan variasi waktu kemudian kadar fenol yang didapat sebesar 11,29 ppm dalam waktu 120 menit sebagai kondisi optimum terbentuknya fenol. Pada waktu 150 menit, pembentukan fenol mulai berkurang dengan kadar fenol sebesar 8,42 ppm yang menandakan bahwa fenol mulai terdegradasi menjadi senyawa yang lebih sederhana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fenol; Folin-Ciocalteu; Fotokatalisis; Metilen Biru; ZnO
Subjects: Analytical Chemistry
Inorganic Chemistry
Organic Chemistry
Ecology > Environmental Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Yuni Shiyami Sulistiawati
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:00
Last Modified: 24 Oct 2022 02:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60159

Actions (login required)

View Item View Item