Media relations DISKOMINFOSANDITIK dalam melaksanakan publisitas : Studi kasus di Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang

Rodiah, Mumun Siti (2022) Media relations DISKOMINFOSANDITIK dalam melaksanakan publisitas : Studi kasus di Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Media Relations merupakan kegiatan kehumasan dalam membangun hubungan baik dengan media, hal ini dilakukan untuk mempermudah publikasi informasi pemerintah kepada masyarakat luas. Pemda Kabupaten Sumedang pada akhir tahun 2021 telah resmi memindahkan bidang humas ke diskominfosanditik bidang Informasi dan Komunikasi Publik. Beberapa program kehumasan kemudian akan ditindaklanjuti oleh bidang informasi dan komunikasi publik yang mana erat kaitannya dengan praktik Media Relations. Hal tersebut pada akhirnya menimbulkan rasa ingin tahu yang mendalam untuk mengetahui mengenai proses Media Relations yang dilakukan diskominfosanditik setelah adanya pemindahan bidang humas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana diskominfosanditik melakukan Kegiatan Media Relations dalam aktifitas kehumasannya yaitu publisitas, dilihat dari proses Media Relations dengan tujuan untuk mendapatkan publikasi yang maksimal dengan membangun hubungan baik dengan rekan media. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan tujuan penelitian, yang pada akhirnya memilih konsep proses Media Relations yang terdiri dari perencanaan, implementasi dan evaluasi (Iriantara:2011). Konsep ini dianggap dapat mengkonstruksi realitas sesuai dengan interpretasi kegiatan Media Relations yang dilakukan diskominfosanditik Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisi pasive, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini meunjukkan bahwa Media Relations yang dilakukan diskominfosanditik dalam melaksanakan publisitas melalui tiga tahap proses Media Relations. Pertama proses perencanaan yang dilakukan dengan menentukan tujuan, mengelompokkan sasaran khalayak, membentuk tim liputan dan membina para admin PPID pembantu dalam segi kualitas komunikasi. Kedua tahap implementasi dilakukan dengan melalui aktifitas kehumasan optimalisasi peran KIM, optimalisasi peran media masa dan media sosial setiap SKPD dan desa, optimalisasi peran radio komunitas. Implementasi dilakukan melalui pedekatan formal seperti press realease dan special event, dan pendekatan informal seperti press luncheon dan silaturahmi biasa. Tahap evauasi dilakukan dengan melihat hasil dan capian tujuan dilihat dari seberapa banyak publikasi dan dampak komunikasi melalui sistem aplikasi LAPOR. ENGLISH: Media relations is a public relations activity in building rapport with the media, undertaken to facilitate publication of goverenmet information to the wider public. The provincial goverenment of Sumedang in late 2021 has officially moved the public relations field to the discussion of information and public communication points. Some public information and communications programs will then be followed up by public relation and communications fields which are closely related to media relations pracices. This eventually led to a deep curiosity to learn about the media relations process conducted by discominfo and point after the transfer of the public relations field. The purpose of this study is to find out how diskominfosanditik perform media relations activities in their community activities, in view of media relations processes, with the aim of gaining maximum publication by building rapport with fellow media. The concept used in this study was adapted to the purpose of th study, which ultimately chose a media relations concept consisting of planning, implementation, and evaluation (Iriantara:2011). This concept is considered to be able to construct reality in accordance with the interpretation of media relations activities conducted by diskominfosanditik and the Sumedang district. The method used in this study is qualitative research with a case study approach. Data collection techniques were conducted through participatory observation, in-depth interviews and documentation. The results in this study showthat diskominfosanditik related media relations are key in implemeting publicity through a three stage media relations process. The first is the planning process by defining goals, grouping audience targets, forming a coverage team and fostering supportive PPID admins in terms of communication quality. Both phases of implementation are carried out through the activities of the KIM role optimization community, the optimization of the role of mass media and social media of each SKPD and village, the optimization of the role community radio. implementation is done through formal approaches such as press realease and special event, as well as infomal approaches such as press luncheon and reguler syllaturahmi. The evaluation phase is performed by looking at the results and achievments of the objectivites seen by how much publication and communication impact through the LAPOR application system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Relations; Publisitas
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Mumun Siti Rodiah
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:06
Last Modified: 24 Oct 2022 02:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60209

Actions (login required)

View Item View Item