Azhari, Rendi Alifia (2022) Penerapan metode pembelajaran Information Search pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa: Penelitian quasy eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (474kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya beberapa siswa yang mendapatkan hasil belajar kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Setelah dilakukan pra-penelitian, proses pembelajaran yang berlangsung masih terpaku pada pemahaman dari guru, metode pembelajaran yang digunakan kebanyakan metode pembelajaran konvensional seperti metode ceramah dan tanya jawab. Metode tersebut jika digunakan secara terus menerus akan menyebabkan siswa memiliki kecenderungan bosan, hingga kehilangan fokus. Imbasnya, siswa menjadi kurang memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru, sehingga ketika dilaksanakan tes, siswa tidak dapat menjawab butir soal yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum menerapkan metode pembelajaran Information Search 2) Proses penerapkan metode pembelajaran Information Search di kelas VIII SMP Negeri 1 Cianjur; 3) Hasil belajar siswa setelah menerapkan metode pembelajaran Information Search di kelas VIII SMP Negeri 1 Cianjur. Secara teoretis, metode pembelajaran Information Search diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena metode ini menuntut siswa belajar secara aktif, kreatif, inovatif. Hal ini dikarenakan sifat dari metode pembelajaran Information Search yang mengandalkan tidak hanya berpusat pada teori saja melainkan juga pada prakteknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, di mana terdapat dua kelas yang menjadi sampel yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum menerapkan metode pembelajaran Information Search memiliki rata-rata 63,28. 2) Proses pembelajaran terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh pada Lembar Observasi yang memperoleh nilai rata-rata 75% yang berada pada interval 51-75 dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, proses pembelajaran terlaksana dengan baik. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan hasil rata-rata nilai post test sebesar 82,5. Setelah dilakukan pengujian N-Gain diperoleh nilai 0,52 yang berarti peningkatan yang terjadi berada pada kategori sedang. Terdapat pengaruh dari metode pembelajaran Information Search terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai signifikansi (2-Tailed) 0 < 0,05, dengan demikian maka hipotesis yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Information Search terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Information Search; Hasil Belajar |
Subjects: | Library and Information Sciences > Education and Related Topics Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rendi Alifia Azhari |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 06:53 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 06:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60266 |
Actions (login required)
View Item |