Pengaruh model Cooperative Learning tipe Make a Match (MAM) berbantu aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Animalia

Aziza, Nida Rahmi Nur (2022) Pengaruh model Cooperative Learning tipe Make a Match (MAM) berbantu aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Animalia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover-1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis pengaruh model cooperative learning tipe make a match (MAM) berbantu aplikasi wordwall terhadap hasil belajar siswa, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model MAM berbantu wordwall pada materi animalia. Metode yang digunakan yakni metode quasi eksperiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Cicalengka dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling hingga didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas X MIA 2 dan X MIA 4. Instrumen Penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, tes (pretest dan posttest) serta angket respon. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata nilai sebesar 98.20%. Hasil uji hipotesis dengan nilai thitung 11.2 lebih besar dibanding dengan ttabel sebesar 3.2, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe make a match (MAM) berbantu aplikasi wordwall berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi animalia. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model cooperative learning tipe make a match berbantu aplikasi wordwall pada materi animalia memperoleh rata-rata presentase respon sebesar 83.4% yang termasuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran MAM berbantu aplikasi wordwall mendapatkan respon yang baik dari siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Animalia; Hasil Belajar; Model Make a Match, Wordwall
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nida Rahmi Nur Aziza
Date Deposited: 31 Oct 2022 05:00
Last Modified: 31 Oct 2022 05:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60306

Actions (login required)

View Item View Item