Pembangunan ekonomi masyarakat melalui Objek Wisata Curug Ciburial : Studi deskriptif di Kampung Cibeureum Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor

Nurlia, Sipa (2022) Pembangunan ekonomi masyarakat melalui Objek Wisata Curug Ciburial : Studi deskriptif di Kampung Cibeureum Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Objek Wisata Curug Ciburial merupakan salah satu wisata yang berada di Kabupaten Bogor tepatnya di Kampung Cibeureum Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur. Wisata Curug Ciburial terbentuk karena didasari oleh masyarakat setempat yang mempunyai keinginan untuk mengembangkan potensi sumber daya yang ada serta untuk meningkatkan taraf hidup melalui pembangunan ekonomi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan terhadap objek wisata dalam pembangunan ekonomi masyarakat, proses pembangunan ekonomi masyarakat melalui objek wisata, dan hasil dari pembangunan ekonomi masyarakat melalui objek wisata. Landasan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembangunan yang dikemukakan oleh W. W. Rostow. Dijelaskan dalam teori ini bahwa pembangunan merupakan bentuk perubahan sosial yang terarah dan terencana melalui berbagai macam kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Adapun menurut Achmad Dimyati, pembangunan pariwisata dapat mengembangkan kegiatan ekonomi sehingga memperbesar penerimaan pendapatan, memperluas dan memeratakan lapangan kerja terutama bagi masyarakat setempat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data peneliti menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Pengembangan Masyarakat Islam. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembangunan ekonomi masyarakat Kampung Cibeureum melalui Objek Wisata Curug Ciburial adalah sebagai berikut: Pertama, perencanaan objek wisata dalam pembangunan ekonomi masyarakat terdiri dari terbukanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar wisata yang sebelumnya hanya bermata pencaharian sebagai petani, sehingga dengan begitu akan menambah penghasilan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup. Kedua, proses pembangunan ekonomi masyarakat yaitu melalui pengembangan destinasi, mengutamakan pengembangan sumber daya lokal, serta penyaluran dana bantuan untuk sarana keagamaan. Ketiga, hasil dari pembangunan ekonomi masyarakat melalui objek wisata adalah kesadaran masyarakat yang semakin meningkat, pola pikir yang lebih maju dan terbuka, serta meningkatnya kualitas fasilitas umum. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembangunan ekonomi masyarakat melalui Objek Wisata Curug Ciburial di Kampung Cibeureum Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor dikatakan relatif berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan; Ekonomi; Masyarakat; Objek Wisata
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Process > Social Change
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sipa Nurlia
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:50
Last Modified: 02 Nov 2022 03:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60332

Actions (login required)

View Item View Item