Retorika Felix Y. Siauw dalam menyampaikan pesan keagamaan : Analisis isi video ceramah dalam episode “Mengapa Islam” pada media Youtube Channel Felix Siauw

Akbar, Luki Muzaki (2020) Retorika Felix Y. Siauw dalam menyampaikan pesan keagamaan : Analisis isi video ceramah dalam episode “Mengapa Islam” pada media Youtube Channel Felix Siauw. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy

Abstract

Menyampaikan pesan keagamaan perlu cara dan teknik yang baik dan benar agar dapat diterima dengan efektif oleh komunikan.Dengan retorika sebagai ilmu yang mempelajari tentang seni berbicara menjadi poin penting dalam proses dakwah bagi seorang da’i. Dalam setiap diri seorang da’i tentu memiliki gaya cirikhas dan karakter yang berbeda serta mempunyai keunggulan masing-masing.Dizaman modern ini dakwah terus berkembang dimulai dari metode dan media yang digunakan terus berinovasi dan salah satunya dakwah menggunakan media youtube. Demikian pula Felix Y Siauw seorang muallaf yang aktif dakwah dengan menggunakan media youtube. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk retorika secara Ethos,Phatos dan Loghos serta bagaimana penggunaan gaya bahasa pada retorika ustad Felix Y.Siauw dalam menyampaikan pesan keagamaan. Dan menggunakan teori Gorys Keraf yang dijelaskan dalam buku diksi dan gaya bahasa ialah situasi dan kondisi pendengar harus sesuai dengan penggunaan diksi kata yang sesuai dan tepat sasaran. Penelitian ini menggunakan teori retorika dari Aristoteles yang mengemukakan bahwa, terdapat tiga hal pendekatan dalam dasar pemikiran retorika ialah ethos sebagai kredibilitas seorang da’i , pathos ketika seorang da’i dapat mengetahui keadaan emosi serta karakter dari mad’u dan logos untuk memberikan pesan atau informasi yang dapat dikatakan masuk akal atau mudah untuk dicerna. Pada proses penelitian ini metode yang digunakan ialah analisis isi yaitu metode yang dilakukan dengan cara menganalisis dengan teknik yang sistematis serta mengolah isi dari pesan atau data informasi baik dalam bentuk media cetak ataupun media elektronik yang dalam hal ini video ceramah Felix Siauw dalam media youtube yang dianalisis untuk mengetahui bentuk retorika yang memiliki kaitan dengan komunikasi atau isi dari komunikasi. Penulis mencoba memperoleh data yang mendukung untuk penelitian ini melalui metode kajian pustaka dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa retorika Felix Y Siauw lebih banyak dominan dalam segi loghos.Karena banyak sekali argument yang disampaikan merupakan sebuah pengalaman pribadi tentang perjalanan sebagai orang muallaf. Karakter beliau yang disampaikan sebagai orang yang kritis, berwibawa dan juga berpendidikan sehingga membuat seorang da’I dengan karakternya tersebut menjadikan beliau memiliki ethos yang baik. Gaya bahasa yang digunakan Ust.Felix lebih menonjol menggunakan gaya bahasa penegasan beliau sering menggunakan majas repetisi yang dimana majas tersebut sesuai dengan ciri khas dari seorang karakter da’I yang kritis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika ; Gaya Bahasa ; Analisis Isi ; Felix Y Siauw
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Luki Muzaki
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:48
Last Modified: 02 Nov 2022 07:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60379

Actions (login required)

View Item View Item