Pemberdayaan anak yatim piatu melalui pendidikan Pesantren: Studi Deskriptif di lembaga sosial panti asuhan yatim piatu Nurul Falaah Soreang-Bandung

Sholihatussa’diyah, Siti (2015) Pemberdayaan anak yatim piatu melalui pendidikan Pesantren: Studi Deskriptif di lembaga sosial panti asuhan yatim piatu Nurul Falaah Soreang-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan anak yatim piatu melalui pendidikan pesantren di lembaga sosial panti asuhan Nurul Falaah Soreang-Bandung. Pembahasan secara khusus diarahkan untuk mendeskripsikan keadaan anak yatim, kaum dhu’afa dalam memenuhi kebutuhan hidup. Dan menjawab masalah yang berhubungan dengan proses pemberdayaan yang mencakup pola, metode, dan sistem pemberdayaan anak asuh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pemberdayaan anak asuh dalam meningkatkan kemampuan anak asuh, metode pemberdayaan anak asuh melalui pendidikan pesantren, pola pengasuhan anak yatim , piatu dan dhua’fa, sistem pemberdayaan anak yatim piatu dalam pelayanan dan pembinaan. Pemberdayaan secara teoritis merupakan upaya meningkatkan harkat dan martabat individu dan masyarakat dengan dorongan atau motivasi, bimbingan, atau pendampingan dalam meningkatkan kemampuan individu atau masyarakat untuk mampu mandiri. Proses pemberdayaan dalam mengubah perilaku, mengubah kebiasaan lama menuju perilaku baru yang lebih baik, dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data digunakan dengan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat Islam yang mampu bertindak sebagai agent social of change (fasilitator atau pemberdaya yang baik). Berdasarkan analisis hasil penelitian ini,bahwa lembaga sosial panti asuhan ini merupakan lembaga panti yang memberdayakan atau mengembangkan anak asuh dengan pelayanan pola asuh dan pembinaan pendidikan formal dan kepesantrenan yang baik. Tujuannya agar kebutuhan anak terpenuhi, potensi anak dapat dikembangkan, bermanfaat bagi bangsa dan negara serta menjadi ladang amal bagi masyarakat dalam merawat dan membinanya. Kemudian ada nilai positif dan negatif terhadap anak asuh yang di titipkan di panti dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal dirumah tanpa sedikit pemantauan dari orangtuanya. Jelasnya anak asuh yang tinggal dipanti dengan pemantauan yang baik tentunya akan lebih aman dan kompleks, baik dari pola asuhnya, pembinaan pendidikan dan pemenuhan haknya terpenuhi, dan menjadikan mereka mandiri dalam menjalani kehidupannya. Secara umum penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa pemberdayaan anak yatim piatu melalui pendidikan pesantren di lembaga sosial panti asuhan yatim piatu Nurul Falaah Soreang-Bandung, berjalan dan berkembang baik, dengan pola pengasuhan dan pola pendidikan pesantren, metode pemberdayaan serta sistem pelayanan dan pembinaan yang sesuai dengan kebutuhan anak asuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 29 May 2018 19:41
Last Modified: 29 May 2018 19:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6038

Actions (login required)

View Item View Item