Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu Pictorial Riddle terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi

Al Yassin, Yuanizhar Dinda (2022) Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu Pictorial Riddle terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk inovasi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada adaptasi kondisi belajar baru pasca COVID-19 serta pentingnya keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran biologi. Jenis eksperimen ini adalah eksperimen semu yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantu pictorial riddle terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan adalah non-equivalent pretest-post test control group design dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling di MAN 2 Kota Bandung. Sampel yang dipilih yakni kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Hasil dalam penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas siswa dan kinerja guru sebesar 100% setelah menggunakan model creative problem solving berbantu pictorial riddle pada materi sistem ekskresi. Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS versi 26 pada uji Mann Whitney yang dilakukan dimana nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,03 < 0,05 yang menyatakan terdapatnya perbedaan signifikan pada penggunaan model pembelajaran creative problem solving berbantu pictorial riddle pada materi sistem ekskresi. Analisis uji effect size memberikan hasil 2,91 yang menunjukkan kategori pengaruh yang besar pada suatu perlakuan. Respon siswa terhadap proses pembelajaran model creative problem solving berbantu pictorial riddle memberikan respon positif, diperoleh dari nilai rata-rata aspek 78% pada ketertarikan suasana belajar, 75,8% pada konstruksi konsep siswa dalam mempelajari materi sistem ekskresi, 79% rasa antusiasme, dan 79% pada interaksi siswa dengan kelompoknya selama pembelajaran. Nilai rata-rata pada setiap aspek tersebut menunjukkan interpretasi baik terhadap proses pembelajaran menggunakan model creative problem solving berbantu pictorial riddle pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model creative problem solving; media pictorial riddle; hasil belajar kognitif; sistem ekskresi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Yuanizhar Dinda Al Yassin
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:11
Last Modified: 03 Nov 2022 08:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60402

Actions (login required)

View Item View Item