Noor, Iin Hindasah (2022) Pengaruh manajemen kurikulum dan pendidikan karakter terhadap prestasi akademik siswa SMA di-Kabupaten Cianjur : Studi kasus di SMAN 1 Cianjur, SMAN 2 Cianjur, SMAN 1 Cilaku dan SMAN 1 Pacet. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
||
Text (BABIII)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan karena pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) telah memberikan kewenangan pada lembaga pendidikan dalam mengelola kurikulum secara mandiri. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional, menyatakan bahwa: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Terkait hal tersebut pemerintah membuat kebijakan dan tujuan pendidikan nasional tidak hanya terfokus pada penguasaan bidang akademik tetapi juga meliputi aspek karakter, fakta membuktikan bangsa yang maju bukanlah disebabkan bangsa tersebut memiliki sumber daya alam yang berlimpah, melainkan bangsa itu memiliki karakter manusia yang unggul. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis seberapa besar pengaruh manajemen kurikulum dan pendidikan karakter terhadap peningkatan prestasi akademik siswa yang ada di SMA Di-Kabupaten Cianjur. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan teknik uji hipotesis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan aplikasi pegolah data SmartPLS Versi 3.2.9. Hasil dari pengujian dan analisis penelitian ini adalah sebagai berikut : 1)Manajemen kurikulum termasuk dalam kriteria tinggi dengan nilai sebesar 17.551 dan berperan positif dan signifikan terhadap prestasi akademik sebesar 74,7% dengan nilai T-Statistics sebesar 30,731 dan nilai P-Values sebesar 0.000. 2)Pendidikan karakter termasuk dalam kriteria tinggi dengan nilai sebesar 16.563 berperan positif dan signifikan terhadap prestasi akademik sebesar 13,4% dengan nilai T-Statistics sebesar 3,613 dan nilai P-Values sebesar 0.000. 3) Manajemen kurikulum dan pendidikan karakter secara bersama-sama mempengaruhi prestasi akademik di SMA di-Kabupaten Cianjur sebesar 67.7%, ini artinya peran serta keduanya saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum; Pendidikan Karakter; Peningkatan Prestasi Akademik; Structural Equation Modeling (SEM); SmartPls |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | IIN HINDASAH NOOR |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 06:20 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 06:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60416 |
Actions (login required)
View Item |