Pengaruh Debt Covenant dan profitabilitas terhadap konservatisme akuntansi pada Perusahaan Industri Tambang yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi pada Perusahaan Sektor Tambang periode 2012-2021

Fauzi, Ekadyana Nuriman (2022) Pengaruh Debt Covenant dan profitabilitas terhadap konservatisme akuntansi pada Perusahaan Industri Tambang yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi pada Perusahaan Sektor Tambang periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

Kondisi ekonomi yang tidak bisa dipetakan, pada akhirnya membuat banyak pihak kebingungan, termasuk perusahaan dan pelaku investasi. Salah satu data yang menunjang agar bisa melakukan penilaian terhadap suatu perusahaan adalah laporan keuangan. Akan tetapi, perusahaan dan pelaku investasi bisa saja berbeda dalam hal kepentingan, perusahaan cenderung menggunakan pendekatan yang optimis sedangkan investor cenderung menggunakan pendekatan yang konservatif, atau sebaliknya. Prinsip konservatisme baik dilakukan agar pelaku usaha tidak terlalu menonjolkan sikap optimisnya dan berlaku sesuai keadaan sebenarnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh debt covenant yaitu kontrak utang atau perjanjian guna melindungi pemberi pinjaman dari kemungkinan penyalahgunaan dana, lalu profitabilitas yaitu kemampuan sebuah perusahaan dalam menghasilkan keuntungan, terhadap konservatisme akuntansi yaitu reaksi kehati-hatian dalam pengambilan keputusan terkait aktivitas ekonomi. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini, berdasar pada penelitian terdahulu dan teori umum yang mengatakan bahwa Debt Covenant dan Profitabilitas memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi. Terbukti dengan ditemukannya penelitian sebelumnya yang hasilnya senada dengan dasar teori tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi oleh perusahaan terkait yang menjadi objek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi) analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisiensi determinasi) analisis uji hipotesis (uji signifikasi parsial (uji T), uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Debt Covenant berpengaruh tidak signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi yang dibuktikan dengan thitung < ttabel (2.009 < 2,04841). Secara parsial Jumlah Profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi di buktikan dengan thitung > ttabel (2.522 > 2,306). Secara simultan Debt Covenant dan Profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi yang di buktikan dengan Fhitung > Ftabel (4.069 < 3.340).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt Covenant; Profitabilitas; Konservatisme Akuntansi
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ekadyana Nuriman Fauzi
Date Deposited: 07 Nov 2022 00:41
Last Modified: 07 Nov 2022 00:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60470

Actions (login required)

View Item View Item