Penerapan metode Talaqqi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghapal ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai Khalifah.

Qomitah, Hanifah (2014) Penerapan metode Talaqqi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghapal ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai Khalifah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)

Abstract

Metode Talaqqi adalah cara pertemuan guru dan murid secara face to face. Dari situ para peserta didik dapat melakukan proses pembelajaran dengan bertatapan langsung dengan guru tanpa perantara lain, sehingga kemampuan dan perkembangan individual peserta didik dapat terukur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Hal ini terbukti pada saat peneliti melakukan proses pembelajaran PAI di kelas X pokok bahasan “memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah” bahwa dari 35 siswa kelas X terdapat 23 orang siswa yang belum hafal ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah. Oleh karena itu diduga metode yang diterapkan belum efektif mempercepat hafalan Al-Qur’an siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah sebelum menggunakan metode Talaqqi, proses pembelajaran Tahfidz dengan menggunakan metode Talaqqi pada setiap siklus, kemampuan siswa dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah sesudah menggunakan metode Talaqqi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah metode Talaqqi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, diduga dapat meningkatkan keampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah, penelitian tindakan kelas (PTK) atau disebut juga classroom action research dengan tiga siklus, menggunakan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah silabus, RPP, lembar observasi dan evaluasi. Adapun teknik pembelajaran yang digunakan adalah tes lisan. Analisis data yang digunakan berupa statistik sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Talaqqi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Sehingga direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran PAI aspek Al-Qur’an disekolah lain. Proses penerapan metode Talaqqi di SMK Cendikia berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan. Hal ini terbukti bahwa, berdasarkan analisis data kemampuan siswa setelah dilakukan tindakan dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, siklus I nilai rata-rata siswa 73,43, ketuntasan belajar klasikal 48,57% (17 siswa tuntas belajar) sedangkan daya serap 40,29%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,29, ketuntasan belajar klasikal 80% (28 siswa tuntas belajar) sedangkan daya serap siswa 67,43%. Pada siklus III rata-rata siswa 87,00, ketuntasan klasikal 94,29% (33 siswa tuntas belajar) dan daya serap 83,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 29 May 2018 20:57
Last Modified: 29 May 2018 20:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item View Item