Islami, Yustin Amalia Nur (2022) Pengaruh model teams games tournament (TGT) berbantu media spinning wheel terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis hasil belajar siswa dan pengaruh model Teams Games Tournament berbantu media spinning wheel terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi serta mendeskripsikan respon siswa. Metode yang digunakan yakni metode Quasi Eksperiment dengan desain Non-equivalent Control Group. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sukaraja dan sampel dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua sampel yaitu kelas VIII A dan VIII B. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, tes (pretest dan posttest) serta angket respon. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa memperoleh kriteria sangat baik. Hasil belajar memperoleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen 0,49 dan kelas kontrol 0,36 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2.314 > ttabel = 1.996, maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model Teams Games Tournament berbantu media spinning wheel berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran TGT memperoleh nilai persentase 84% dan 80% dengan kriteria sangat baik dan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; Model teams games tournament; Sistem ekskresi; Spinning wheel |
Subjects: | Biology > Data Processing and Analysis of Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yustin Amalia Nur Islami |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 00:44 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 00:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60569 |
Actions (login required)
View Item |