Hapidin, Opid (2014) Pemahaman tentang keutamaan salat berjamaah dalam Ta’lim Fadhilah ‘Amal hubungannya dengan motivasi melaksanakan salat berjamaah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (711kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
Abstract
Melihat fenomena yang terjadi di lingkungan SMA Karya Budi, banyak sekali siswa yang tidak melaksanakan salat berjamaah ketika azan dikumandangkan. Maka untuk meminimalisir hal itu diadakan ta’lim fadhilah ‘amal sebagai sarana pemotivasian, sehingga diharapkan siswa termotivasi untuk melaksanakan salat berjamaah. Maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian sejauh mana pengaruh pemahaman tentang keutamaan salat berjamaah dalam ta’lim fadhilah ‘amal dengan motivasi melaksanakan salat berjamaah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap realitas pemahaman tentang keutamaan salat berjamaah dalam ta’lim fadhilah ‘amal dengan motivasi melaksanakan salat berjamaah serta hubungannya antara asumsi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan korelasi. Subjek penelitian ini ialah siswa Kelas X SMA Karya Budi Bandung sebanyak 27 orang, sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, studi pustaka, dan angket. Teknik analisis data dilakukan melalui pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistic untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial dan korelasional. Penelitian ini menyimpulkan: 1) Kedua variabel didapat realitas pemahaman tentang keutamaan salat berjamaah dalam ta’lim fadhilah ‘amal dengan kategori tinggi, (3,7). 2) Realitas motivasi melaksanakan salat berjamaah menunjukan kategori tinggi (4,3). 3) Hubungan antar keduanya menunjukan korelasi sebesar 0,79% dengan kategori tinggi artinya hipotesis diterima.4) Dengan demikian diperoleh derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 4%, hal ini menunjukan bahwa 96% motivasi melaksanakan salat berjamaah dipengaruhi oleh pemahaman tentang keutamaan salat berjamaah dalam ta’lim fadhilah ‘amal, dan masih terdapat 96% faktor lain yang mempengaruhi motivasi melaksanakan salat berjamaah siswa kelas X SMA Karya Budi Bandung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 10:27 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 10:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6059 |
Actions (login required)
View Item |