Upaya meningkatkan hasil belajar Kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Husainiyah Cicalengka

Yulianti., - (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar Kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Husainiyah Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis untuk menguasai pengetahuan, fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah. Sehingga tidak tepatlah jika pembelajaran hanya dilksanakan dengan metode ceramah yang kemungkinan kecil dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Dewasa ini telah berkembang berbagai macam model pembelajaran yang menuntut siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa dituntut untuk lebih aktif dan dapat berpikir kritis, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation. Penggunaan model kooperatif Tipe Group Investigation diharapkan hasil belajar yang dicapai pun lebih baik. Karena dalam pelaksanaannya peserta didik bertanggung jawab atas belajar mereka sendiri dan berusaha menemukan informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dihadapkan pada mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam pelajaran IPA pada pokok bahasan Cahaya pada setiap siklus di kelas V MI Husainiyah Cicalengka, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada materi cahaya di kelas V MI Husainiyah Cicalengka melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk setiap siklus, 3) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Cahaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada akhir siklus di kelas V MI Husainiyah Cicalengka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi dan Soal Tes. Adapun langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas yaitu; 1) perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Observasi/Penelitian; 4) Refleksi Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Cahaya dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, hal tersebut dapat ditunjukan dengan tes kegiatan akhir siklus I dapatdiketahui perolehan nilai rata-rata hasil kognitif siswa dari mulai siklus 1 rata-rata mencapai 55 (kurang) mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi rata-rata 75 (cukup) hingga tindakan akhir yaitu post test menjadi rata-rata 94,23 (sangat baik). Dari kinerja guru, aktivitas siswa dan hasil belajar yang terlihat setelah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation maka dinyatakan efektif dan berhasil. Atau dengan kata lain jika model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation diterapkan di MI Husainiyah pada kelas V dalam pembelajaran IPA khususnya pokok bahasan Cahaya hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 07 Feb 2018 10:28
Last Modified: 07 Feb 2018 10:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6065

Actions (login required)

View Item View Item