Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan pengurangan penggunaan kantong plastik berdasarkan peraturan daerah kota Bandung nomor 17 tahun 2012 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik ditinjau dari siyasah dusturiyah

Amin, Zaki Muhammad Khoirul (2020) Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan pengurangan penggunaan kantong plastik berdasarkan peraturan daerah kota Bandung nomor 17 tahun 2012 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik ditinjau dari siyasah dusturiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Semakin bertambahnya tingkat konsumsi masyarakat, bertambah pula buangan atau limbah plastik yang dihasilkan. Limbah tersebut menjadi permasalahan lingkungan karena kuantitas maupun tingkat bahayanya mengganggu kehidupan makhluk hidup lainnya. Pemerintah Kota Bandung dan pihak swasta melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengurangan kantong plastik belanja untuk mengurangi limbah plastik. Untuk berperan aktif dalam upaya tersebut Pemerinah Kota Bandung mengeluarkan Perda Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Dengan latar belakang masalah tersebut diajukan tiga rumusan masalah, yakni: bagaimana pelaksanaan pembinaan dan pengawasan Pemerintah Kota Bandung dalam pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Bandung sesuai dengan Perda Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik. Sejauh mana efektifitas Perda Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik dalam membina dan mengawas pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Bandung. Dan bagaimana tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap Perda Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif. Teknik penelitian berupa observasi dan wawancara dengan Pemerintah Kota Bandung sebagai pembuat dan perancang Perda Nomor 17 Tahun 2012, serta Wawancara dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan sebagai badan Pembina dan pengawas pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Bandung. Jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif, yaitu mencakup hampir semua data yang bukan berupa angka. Pemerintah Kota Bandung bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan telah melakukan pembinaan dan pengawasan kepada seluruh masyarakat Kota Bandung dalam mengurangi penggunaan kantong plastik di Kota Bandung. Perda Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Bandung belum efektif karena kurangnya sosialisasi kepada Pengusaha maupun konsumen dan sangat sulit untuk mengubah kebiasaan warga Kota Bandung yang gemar menggunakan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari. Dalam tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik bahwa “Kemaslahatan yang bersifat umum lebih diutamakan daripada kemaslahatan yang bersifat Khusus”. Maka Perda ini sudah sesuai dengan aspek Siyasah Dusturiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan; pengawasan; pengurangan kantong plastik;
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Area Planning > City Planning
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 11 Nov 2022 00:48
Last Modified: 11 Nov 2022 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60651

Actions (login required)

View Item View Item