Hadiaty, Ummi Hani (2012) Pelaksanaan pengembalian dan penukaran produk Sophie Paris: Studi kasus di Business Centre Loekman Ujungberung dan Sophie Paris Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (734kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
Abstract
Kemaslahatan manusia, baik yang bersifat individu maupun kelompok (masyarakat) sangat ditentukan oleh perkembangan lingkungan dan masyarakat dimana mereka hidup. sehingga banyak melahirkan akad dan bentuk transaksi muamalah yang baru, akan tetapi apapun bentuk muamalahnya tetap harus sesuai dengan prinsip-prinsip muamalah yang telah digariskan oleh syara’. Pelaksanaan Pengembalian dan Penukaran Produk Sophie Paris di Business Centre Loekman Ujungberung memiliki syarat tambahan disamping ketentuan umum yang diberikan pihak Sophie Paris. Keberadaan syarat tambahan tersebut dianggap menyulitkan konsumen untuk mendapatkan kepuasan dalam proses jual beli pesanan. Disisi lain hal dalam muamalah hak pilih merupakan salah satu prinsip yang ditawarkan Islam guna mencapai kepuasan dalam jual beli. Penelitian ini bertolak dari adanya praktek pengembalian dan penukaran produk Sophie Paris yang berbeda dari ketentuan umum. Serta adanya hak memilih bagi konsumen dalam sistem jual beli Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan Pengembalian dan penukaran produk Sophie Paris di Business Centre Loekman; 2) Tinjauan Fiqh Muamalah tentang mekanisme pengembalian dan penukaran produk Sophie Paris di Business Centre Loekman. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menjadikan hasil wawancara dengan pihak BC, responden dan konsumen sebagai sumber primer. Sedangkan sumber sekundernya adalah berbagai buku, artikel tentang Sophie Paris, multi level marketing, khiyar, salam dan berbagai data yang relevan dengan masalah ini. Data tersebut kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mekanisme pengembalian dan penukaran produk Sophie Paris di Business Centre Loekman dilakukan dengan cara yang cukup mudah yaitu dengan memastikan barang yang ditukar masih layak/baru, kemudian menghubungi Business Centre untuk proses konfirmasi ke Kantor Pusat Sophie Paris. Akan tetapi pada prakteknya mereka mempersulit prosedur pengembalian dan penukaran dengan berbagai alasan salah satunya harus disertai dengan kepemilikan Kartu Star Club sebagai syarat pengembalian dan penukaran produk; 3) Dalam tinjauan Fiqh Muamalah, mekanisme pengembalian dan penukaran produk Sophie Paris di Business Centre Loekman merupakan hal yang kurang sesuai dengan prinsip keadilan hukum, asas ‘an taradhin, asas ‘adamul gharar dan asas al-birr wa taqwa serta mengesampingkan hak khiyar yaitu khiyar ru’yah bagi pembeli dalam akad Salam; 4) Menurut penulis, mekanisme pengembalian dan penukaran Produk Sophie Paris merupakan hal yang sesuai apabila pihak Member sebagai konsumen Ridho menerima aturan dari Sophie Paris.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembalian dan penukaran produk; Sophie Paris; Bandung; |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 24 Feb 2016 07:50 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 08:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/607 |
Actions (login required)
View Item |