Pola kaderisasi kepemimpinan dalam pemberdayaan pemuda berbasis Masjid : Studi deskriptif program Kaderisasi Masjid Salman ITB

Ma'rup, Anang (2022) Pola kaderisasi kepemimpinan dalam pemberdayaan pemuda berbasis Masjid : Studi deskriptif program Kaderisasi Masjid Salman ITB. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Skripsi Anang Ma'rup.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola pemberdayaan pemuda yang diterapkan melalui masjid kampus sebagai pusat locality development pemuda dinilai masih belum efektif secara maksimal, sehingga diperlukan pola pemberdayaan baru, salah satunya adalah melalui pola kaderisasi kepemimpinan untuk membina dan memberdayakan pemuda melalui kegiatan penularan nilai-nilai islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kaderisasi kepemimpinan dalam pemberdayaan pemuda berbasis masjid yang diterapkan salah satu Masjid kampus yakni Masjid Salman ITB tentang seputar konsep, proses dan hasil yang dimunculkan dari proses kaderisasi terhadap pemberdayaan pemuda berbasis masjid di Masjid Salman ITB. Penelitian ini menggunakan teori Pemberdayaan yang dikemukakan oleh Hendrawati Hamid bahwasanya Pemberdayaan merupakan upaya sistematis yang terencana dalam meningkatkan grade objek pemberdayaan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dekriptif, dimana data yang dihasilkan berupa gambaran yang mendeskripsikan konsep serta proses kaderisasi kepemimpinan di Masjid Salman ITB. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara dan observasi Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pola kaderisasi kepemimpinan dalam pemberdayaan pemuda di Masjid Salman ITB adalah pola kaderisasi formal, dengan komposisi tahapan seleksi dan proses kaderisasi berjenjang diantaranya pertama, kaderisasi dasar terdiri dari Salman Spritual Camp dan Kelompok Keluarga, kedua, kaderisasi inti, terdiri dari LMD dan Projek Inventra, ketiga, kaderisasi lanjut terdiri dari kegiatan SPECTRA dan Komunitas Keprofesian. Kemudian para prosesnya terdapat tiga pola khusus yakni pembinaan, pelatihan dan penugasan yang ditujukan sebagai langkah pemberdayaan. Pada tahap pembinaan para pemuda diberikan materi seputar agama islam, kemudian pada tahan pelatihan pemuda akan berikan tugas-tugas tertentu yang ditujukan untuk mengetahui peran para kader di masyarakat kemudian pada tahap penugasan para pemuda atau kader akan dilibatkan dan disalurkan pada sebuah projek inovatif disesuaikan dengan permasalahan umat islam masa kini, sesuai dengan peran dan minat para kader.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kaderisasi; Pemberdayaan; Pemuda; Masjid
Subjects: Islam > Da'wah
Islam > Islamic Religious Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Anang Ma'rup
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:25
Last Modified: 14 Nov 2022 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60777

Actions (login required)

View Item View Item