Pengaruh penerapan metode Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi wakaf: Penelitian quasi eksperimen di SMK Al-Madani Pontianak

Setiani, Setiani (2022) Pengaruh penerapan metode Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi wakaf: Penelitian quasi eksperimen di SMK Al-Madani Pontianak. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik yang masih berkategori rendah, hal tersebut karena pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional yang berpusat pada pendidik sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Dengan demikian, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi wakaf dengan menggunakan metode Contextual Teaching Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) Penerapan metode Contextual Teaching Learning (CTL) pada pembelajaran PAI materi wakaf di SMK Al-Madani Pontianak, b) Aktivitas belajar peserta didik yang menggunakan metode Contextual Teaching Learning (CTL) dengan metode konvensional pada pembelajaran PAI materi wakaf di SMK Al-Madani Pontianak, c) Hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan metode Contextual Teaching Learning (CTL) dengan metode konvensional pada pembelajaran PAI materi wakaf di SMK Al-Madani Pontianak, d) Respon peserta didik terhadap metode Contextual Teaching Learning (CTL) pada pembelajaran PAI materi wakaf di SMK Al-Madani Pontianak. Penelitian ini berdasarkan pada asumsi teoritis yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran PAI materi wakaf dengan digunakannya metode contextual teaching learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi eskperimen, rancangan penelitian yang digunakan dalam eskperimen ini adalah the non-equivalent grup design. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan metode CTL pada pembelajaran PAI materi wakaf sudah sesuai dengan pedoman RPP yang dibuat oleh guru; 2) Aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode CTL memperoleh nilai rata-rata 83,04 dengan kategori tinggi. Sedangkan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional memperoleh nilai sebesar 65,04 dengan kategori cukup; 3) Hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode CTL memperoleh nilai rata-rata 86,88 dengan kategori tinggi. Sedangkan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional memperoleh nilai sebesar 62,52 dengan kategori cukup atau sedang. Respon peserta didik terhadap penerapan metode CTL pada pembelajaran PAI materi wakaf dapat disimpulkan bahwa skor mean sebesar 71,24 termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode CTL; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Setiani Setiani
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:32
Last Modified: 16 Nov 2022 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60793

Actions (login required)

View Item View Item