Strategi Content Creator di dalam media online : Studi kasus terhadap wartawan Radar Bandung

Ramadhana, Nesta (2022) Strategi Content Creator di dalam media online : Studi kasus terhadap wartawan Radar Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Era konvergensi media merubah kegiatan jurnalistik lebih kepada digital. Dengan pesatnya perubahan tersebut yang tidak terhalang oleh ruang dan waktu, ini menjadikan para jurnalis sebagai tantangan. Untuk itu, media yang beralih kepada digital melahirkan sebuah profesi baru di dunia jurnalistik berbasis online, yaitu content creator. Penelitian ini mengkaji aspek-aspek penting dari seorang content creator, yang ada di dalam media lokal ternama yaitu Radar Bandung. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penerapan aspek cara menyajikan konten berita yang menarik, dan cara mengkolaborasikan konten berita di media online. Penelitian ini menggunakan teori new media, yang diungkapkan oleh Denis McQuail dan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi kepada lima informan yang bekerja di Radar Bandung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lalu penelitian ini pula menggunakan paradigma kontruktivisme, dan metode studi kasus yang dimana hasil dari penelitian ini melalui proses yang panjang dan mendalam terkait peristiwa penting dari content creator di dalam media online. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa content creator lahir pada era konvergensi media. Content creator di media online memiliki strategi dalam aspek penyajian konten dan mengkolaborasikan konten berita, seperti pada portal media online Radar Bandung. Media online Radar Bandung sendiri sampai saat ini masih terus menyajikan konten berita isu trend sosial yang menarik minat baca dari masyarakat. Lalu dari kolaborasi yang digunakan oleh content creator nya mengkombinasi antara teks dan gambar. Penelitian ini hanya membahas mengenai fenomena yang muncul di new media bernama content creator dalam media online yang meliputi dua aspek penting seorang creator yakni cara menyajikan konten berita yang menarik dan cara menyajikan opini pada konten berita. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya bisa lebih menggali mengenai content creator secara lebih terutama pada media online nya. Kata Kunci: Media Online, Content Creator, Menyajikan Konten Berita yang Menarik, Mengkolaborasikan Konten Berita, Radar Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Online; Content Creator; Menyajikan Konten Berita yang Menarik; Mengkolaborasikan Konten Berita; Radar Bandung
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Nesta Ramadhana
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:37
Last Modified: 15 Nov 2022 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60804

Actions (login required)

View Item View Item