Manajemen pemasaran pendidikan tinggi menuju keunggulan kompetitif globalisasi pendidikan

Rusdiana, A. and Hidayat, Ara (2022) Manajemen pemasaran pendidikan tinggi menuju keunggulan kompetitif globalisasi pendidikan. In: Manajemen Pemasaran Pendidikan Tinggi Menuju Keunggulan Kompetitif Globalisasi Pendidikan. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, pp. 1-153. ISBN 978-602-7479-05-8 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
001-B5 Laporan Panal Pemasaran PT BAB I-V-Copy (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu isu yang paling krusial dalam globalisasi pendidikan tinggi adanya “tuntutan kualitas dan kemampu bersaing untuk mencapai keunggulan kompetitif” kenyataan tersebut menunjukkan bahwa persaingan yang keras dan terbuka di lembaga pendidikan menjadikannya harus berfikir ulang cara mempromosikan lembaga agar bisa dapat mencapai keunggulan kompetitif, pada situasi persaingan yang lebih baik. Kesemuanya efektif dan efisien tergantung ceruk pasar yang dibidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentfikasi dan memperoleh gambaran tentang faktor-faktor Manajemen Pemasaran Pendidikan Tinggi Menuju Keunggulan Kompetitif Globalisasi Pendidikan, yang diimplentasikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) Kopertais Wilayah II Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method), perpaduan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif pendekatan transformatif sekuensial dengan perspektif teori Business School 7P Marketing Mix. digunakan untuk membentuk prosedur dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Premi dan program yang ditawarkan dalamam pemasaran Pendidikan Tinggi pada PTKIS Kopertais Wilayah II Jawa Barat belum optimal; Penyajian prosfetus dan harga/biaya yang ditawarkan dalamam pemasaran Pendidikan pada PTKIS Kopertais Wilayah II Jawa Barat belum efektif; Keunggulan akademik dan akdemisi yang disajikan dalamam pemasaran Pendidikan di PTKIS Kopertais Wilayah II Jawa Barat belum optimal. dan, promosi yang dilakukan dalamam pemasaran Pendidikan di PTKIS Kopertais Wilayah II Jawa Barat belum optimal. Penilitian ini merekomendasikan bahwa setelah melihat kenyataan tersebut Perguruan Tinggi (PT), dalam menawarkan jasanya pada calon mahasiswa, perlu mempertimbangkan penawaran berbasis pada superior value (nilai keunggulan). Selain itu perlu dipikirkan pula hal-hal yang berkaitan harga, reputasi, lokasi dan program studi yang ditawarkan. Dikarenakan marketing pendidikan merupakan marketing bidang jasa yang sangat berbeda dengan marketing barang. Perguruan tinggi semestinya sudah tidak kaku lagi kaitannya dengan pangsa pasarnya yang terbatas pada konsumen fanatik, tetapi harus meluas pada konsumen potensial.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pendidikan Tinggi; Globalisasi
Subjects: Higher Education, Universities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. A. Rusdiana
Date Deposited: 17 Nov 2022 05:53
Last Modified: 03 Apr 2023 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60818

Actions (login required)

View Item View Item