Strategi pendampingan Orang tua dan guru dalam menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI materi BTQ pada masa pandemi Covid-19: Studi kasus di SDIT Insan Cermat Bandung

Ramdan, Ramdan (2022) Strategi pendampingan Orang tua dan guru dalam menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI materi BTQ pada masa pandemi Covid-19: Studi kasus di SDIT Insan Cermat Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari munculnya pandemi covid 19 yang menimbulkan berbagai macam kendala terutama dalam dunia pendidikan, salah satu permasalahan yang timbul adalah pembelajaran banyak dilakukan di rumah. Pembelajaran yang dilakukan di rumah ternyata memberikan dampak yang kurang baik terhadap siswa, salah satunya adalah hasil pembelajaran yang tidak maksimal yang diperoleh oleh siswa termasuk didalamnya adalah hasil pembelajaran BTQ. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa: 1) Strategi pendampingan orang tua dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI materi BTQ pada masa pandemi Covid-19 di SD IT Insan Cermat Bandung, 2) Strategi pendampingan guru dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar BTQ siswa, 3) Kendala yang dihadapi oleh orang tua dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar BTQ siswa, 4) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar BTQ siswa, dan 5) Minat dan motivasi belajar BTQ siswa sebelum dan sesudah adanya pendampingan orang tua dan guru. Penelitian ini bertolak dari mewabahnya pandemi virus Covid-19 yang berdampak pada proses pembelajaran PAI materi BTQ di sekolah SDIT Insan Cermat Bandung yang dilaksanakan secara daring yang mengakibatkan menurunnya minat dan motivasi belajar BTQ siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskrptif yaitu meneliti secara mendalam, terperinci dan detail terkait dengan peristiwa atau fenomena yang terjadi di lapangan, adapun teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu dengan wawancara, observasi, dokumen dan melakukan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menununjukkan 1) Orang tua perlu memiiliki strategi pendampingan dalam upaya untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar BTQ. 2) Selain orang tua guru juga perlu memiliki strategi pendampingan dalam upaya untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar BTQ siswa SDIT Insan cermat Bandung. 3) Kendala yang dialami oleh orang tua dalam mendampingi anak belajar BTQ pada masa pandemi covid-19 adalah susahnya mengarahakan anak-anak untuk mau belajar dan kondusif dalam pembelajaran, 4) Selain orang tua guru juga memiliki kendala dalam mendampingi anak dalam belajar BTQ pada masa pandemi covid-19, guru merasa cukup kesulitan dalam menentukan metode yang tepat dalam mengajarkan BTQ, 5) Sebelum adanya pendampingan orang tua dan guru minat dan motivasi belajar BTQ siswa terlihat kurang, Setelah adanya pendampingan baik dari orang tua ataupun guru maka minat dan motivasi belajar BTQ peserta didik SDIT Insan cermat yang tadinya menurun bahkan hilang menjadi naik dan tumbuh peserta didik jadi lebih semangat dan fokus dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pendampingan Orang tua; Pendampingan guru; Pandemi Covid-19; Minat dan Motivasi; BTQ
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Culture and Institutions > Parenthood
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ramdan Ramdan
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:18
Last Modified: 21 Nov 2022 02:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60824

Actions (login required)

View Item View Item