Penerapan metode Mubtadiun untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an : Penelitian pada siswa kelas III dan IV SDIK Muhammadiyah Pangalengan Kec. Pangalengan Kab. Bandung

Risa, Ahmad (2022) Penerapan metode Mubtadiun untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an : Penelitian pada siswa kelas III dan IV SDIK Muhammadiyah Pangalengan Kec. Pangalengan Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terdapat pada kemampuan membaca al-Qur’an pada kelas 3 dan 4 di SDIK Muhammadiyah Pangalengan. Dimana masih banyak anak yang terbata-bata dalam membaca al-Qur’an dan banyak siswa yang belum mengenal huruf hijaiyah. Hal ini yang melatar belakangi peneliti untuk mencoba melakukan salah satu alternatif pembelajaran yang efektif yakni dengan menggunakan metode Mubtadiun dalam membantu meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1)Tujuan pembelajaran metode Mubtadiun. (2)Proses pembelajaran metode Mubtadiun. (3)Evaluasi kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa setelah menggunakan metode Mubtadiun. (4)Hasil kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa setelah menggunakan metode Mubtadiun. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran bahwa perlu diterapkannya sebuah metode dalam membaca al-Qur’an untuk membantu mempermudah dalam proses pemahaman dan pengenalan huruf hijaiyah hingga nantinya mempernudah dalam proses membaca al-Qur’an itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui analisis kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: (1)Tujuan pembelajaran metode Mubtadiun yaitu: siswa/siswi mampu memahmi dan mengamalkan nilai-nilai al-Qur’an dan mampu menjadikan dirinya menjadi pribadi muslim yang bertakwa dan beriman kepada Allah SWT. (2)Proses pembelajaran metode Mubtadiun yaitu: Qiro’ah (membaca), Kitabah (menulis), Muraja’ah (mengulang), Intruksi. (3)Evaluasi kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa dilaksanakan dengan sebuah tes harian secara klasikal yang langsung di nilai oleh pendidik, dan kenaikan jilid yang dilakukan secara priodik oleh guru lembaga untuk menentukan kenaikan kelompok huruf hijaiyah pada buku Mubtadiun. (4)Hasil kemampuan membaca al-Qur’an, memberikan pengaruh positif dalam peningkatan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an dari jumlah anak yang di tes berjumlah 30 orang, hanya 25 orang yang dapat dikatakan sudah tartil dalam membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode; Membaca; Al-Qur'an
Subjects: Islam > Recitation and Reading
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Risa
Date Deposited: 18 Nov 2022 00:57
Last Modified: 18 Nov 2022 00:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60849

Actions (login required)

View Item View Item