Penerapan fungsi manajemen lembaga cerdas Al-Quran dalam meningkatkan kualitas umat melalui kegiatan gerakan cerdas baca Al-Quran: Studi deskriptif di Yayasan Al Kalam Lembaga Cerdas Al-Quran di Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat

Virgions, Nicolous (2022) Penerapan fungsi manajemen lembaga cerdas Al-Quran dalam meningkatkan kualitas umat melalui kegiatan gerakan cerdas baca Al-Quran: Studi deskriptif di Yayasan Al Kalam Lembaga Cerdas Al-Quran di Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen merupakan kegiatan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Maka sebuah manajeman yang baik dalam pengelolaan lembaga sangat penting karena dalam proses perkembangan suatu lembaga bisa dilihat dari perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan didalamnya. Oleh karena itu sangat menarik untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi manajemen pada lembaga tersebut untuk diteliti oleh penulis. Lembaga cerdas Al-Quran merupakan lembaga dakwah yang berkecimpung dalam bidang baca Al-Quran, mulai dari mengajarkan, mengamalkan, hingga berbagi mushaf Al-Quran kepada umat yang membutuhan. Lembaga ini merupakan lembaga swasta yang berdiri tanpa bantuan dari pemerintah setempat ataupun partai politik, sehingga berdiri secara independent. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam penerapan fungsi manajemen Lembaga Cerdas Al-Quran (LCA) Kabupaten Bandung Barat dalam meningkatkan kualitas umat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen oleh George Terry, yaitu manajemen merupakan sesuatu cara yang beda, karena didalamnya terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang wajib dilakukan untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien sesuai tujuan yang ditentukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang ditujukan untuk menjelaskan gambaran secara luas dan mendalam tentang fungsi manajemen Lembaga Cerdas Al-Quran dalam meningkatan kualitas umat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Lembaga Cerda Al-Quran (LCA) Kabupaten Bandung Barat selalu melakukan yang terbaik untuk meningkatkan kualitas umat. Perencanaan yang dilakukan Lembaga Cerdas Al-Quran untuk meningkatkan kualitas umat dilakukan dengan baik, tersusun, dan sistematis. Pengorganisasian terdiri dari pembagian kerja, pengelompokan serta pembagian tugas dan wewenang sehinnga dengan SDM yang terbatas dapat dimaksimalkan. Pelaksanaan dilakukan dengan merealisasikan program yang sudah direncanakan. Pengawasan menggunakan metode pengawasan secara langsung. Bertujuan mengetahui kondisi lapangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen; Kualitas Umat; Lembaga Cerdas Al-Quran
Subjects: Customs of People > Organization and Management
General Management > Organizations
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Nicolous Virgions
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:16
Last Modified: 17 Nov 2022 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60873

Actions (login required)

View Item View Item