Peran program Keluarga Berencana (KB) terhadap kualitas sumber daya manusia : Studi deskriptif di Desa Cangkuang Kulon Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung

Nurfaidah, Devi (2022) Peran program Keluarga Berencana (KB) terhadap kualitas sumber daya manusia : Studi deskriptif di Desa Cangkuang Kulon Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan asset penting dalam kehidupan, karena SDM merupakan satu-satunya sumber daya yang memiliki akal, perasaan, keinginan, keterampilan, pengetahuan, dorongan, daya, dan karya. Melahirkan SDM yang berkualitas memerlukan suatu hal yang berperan sebagai pendorong dalam mewujudkan SDM yang memiliki potensi unggul. Peningkatan kualitas SDM merupakan suatu hal yang harus terus diupayakan. Program Keluarga Berencana (KB) menjadi sala satu alternatif dalam membantu berbagai pihak untuk melahirkan SDM yang unggul dan berkualitas di wilayah Desa Cangkuang Kulon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam terkait harapan, identitas, dan juga perilaku masyarakat Desa Cangkuang Kulon yang berpartisipasi dalam program KB sebagai pendorong dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah Desa Cangkuang Kulon Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan teori peran menurut Biddle sebagai pola dasar untuk melihat bagaimana harapan, baik pemerintah maupun masyarakat Desa Cangkuang Kulon dalam ber-KB, melihat bagaimana identitas dan perilaku masyarakat desa tersebut dengan adanya program KB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif yang bertujuan untuk memahami makna atas pengalaman seseorang atau suatu kelompok dalam suatu peristiwa. Hasil penelitian berdasarkan temuan di lapangan diketahui bahwa: Pertama, harapan masyarakat dengan adanya program KB maka dapat terciptanya jarak kelahiran anak yang ideal, dapat memberikan pendidikan yang ideal pada anak, dan berharap dapat membantu menyeimbangkan anatara finansial dengan kebutuhan. Kedua, identitas masyarakat yang mengikuti program KB terlihat dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam ber-KB (penggunaan alat kontrasepsi), dan adanya keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas SDM, baik melalui bidang agama, pendidikan dan kesehatan. Ketiga, perilaku masyarakat yang ber-KB memiliki keharmonisan dalam keluarga. Sehingga terciptanya hubungan baik antara suami dan istri serta adanya hubungan baik antara orangtua dan anak. Sehingga kesejahteraan dan kedamaian dalam kehidupan keluarga dan sosial, dirasakan langsung oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Program KB; Kualitas Sumber Daya Manusia
Subjects: Factors Affecting Social Behaviour
Factors Affecting Social Behaviour > Births
Factors Affecting Social Behaviour > Demographic Effect
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Devi Nurfaidah
Date Deposited: 21 Nov 2022 00:47
Last Modified: 21 Nov 2022 00:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60899

Actions (login required)

View Item View Item