Pendekatan konseling Client Centered untuk mengatasi kecanduan Game Online: Penelitian di Kampung Pagebangan Kota Cilegon

Assidiqi, Muhammad Ilzam (2022) Pendekatan konseling Client Centered untuk mengatasi kecanduan Game Online: Penelitian di Kampung Pagebangan Kota Cilegon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Di dalam penelitian ini, penulis fokus pada masalah kecanduan game online yang dialami oleh remaja di kampung Pagebangan. Kecanduan game online ini merupakan suatu fenomena yang dialami remaja di era digital. Setidaknya ada banyak remaja yang bermain game online khususnya di kampung Pagebangan ini. Dari bayanyaknya remaja tersebut terbilang ada tujuh orang remaja yang terindikasi kecanduan game online. Setiap harinya mereka menyibukkan diri untuk bermain game online dan sangat menikmati juga merasa nyaman ketika melakukannya sehingga mereka terlena dan intensitas waktu bermainnya berlebihan. Akibatnya mereka lupa dan tidak sadar dengan tugas dan kewajiban pokoknya sebagai remaja. Kondisi seperti ini memerlukan suatu upaya untuk menumbuhkan kembali kesadaran para remaja tersebut, salah satu upayanya yaitu dengan melakukan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana kondisi tingkat kecanduan game online pada remaja di Kp. Pagebangan 2) Bagaimana proses konseling client centered untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja di Kp. Pagebangan 3) Bagaimana hasil dari proses konseling client centered untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja di Kp. Pagebangan. Penelitian ini berpijak pada teori konseling yang menyebutkan bahwa pemberian bantuan yang dilakukan secara intensif dengan mengenalkan, memberi gambaran tentang bahayanya kecanduan game online dan cara-cara keluar dari kecanduan ini mampu menyadarkan konseli dalam melakukan pengaturan saat bermain game online sehingga tidak terlena. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekaan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian dalam pembahasan ini adalah tujuh remaja di kampung Pagebangan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah dengan pendekatan konseling client centered terhadap remaja yang kecanduan game online cukup berhasil. Adapun indikator keberhasilannya dapat diketahui melalui beberapa perubahan positif pada konseli dari masalah yang dialami sebelumnya yaitu sudah mulai bisa membentengi pikiran dan perasaanya untuk tidak menuruti hawa nafsunya yang membuat dirinya rugi dalam segala sisi dan masih banyak lagi perubahan positif lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan konseling; Client Centered; kecanduan Game Online;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Ilzam Assidiqi
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:58
Last Modified: 22 Nov 2022 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60914

Actions (login required)

View Item View Item