Lestari, Dinda Ayu (2022) Pergeseran pola interaksi sosial siswa dengan teman sebaya pada masa new normal: Studi di SD Islam As-Syafiiyah 02 Kelurahan Jatiwaringin Kecamatan Pondok Gede Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_cover-5.pdf Download (43kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-4.pdf Download (22kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-3.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB I)
4_bab1-3.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB II)
5_bab2-3.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6_bab3-3.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7_bab4-3.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8_bab5-1.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka-1.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji permasalahan pergeseran pola interaksi yang diakibatkan oleh berubaha-ubahnya sistem pembelajaran siswa akibat adanya pandemi. Penutupan dan pembukaan sekolah akibat kondisi pandemi yang tidak stabil mengakibatkan pola interaksi siswa dengan teman sebayanya menjadi tidak stabil pula. Dinamika pola interaksi antar siswa selama masa sebelum, selama pandemi, dan post pandemi atau new normal menjadi permasalahan yang diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola interaksi siswa dengan teman sebaya pada masa new normal, faktor penghambat pergeseran pola interaksi siswa dengan teman sebaya pada masa new normal, dan upaya dalam mengatasi pergeseran pola interaksi siswa dengan teman sebaya pada masa new normal Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Interaksionisme Simbolik dari George Herbert Mead membahas interaksi manusia dibentuk oleh proses pembuatan makna dari individu-individu yang berinteraksi bahwa setiap manusia harus pandai bergaul dengan manusia yang lainnya oleh karena itu diciptakan bahasa. Bahasa muncul dari beberapa hal yaitu lewat komunikasi, atau dengan simbol-simbol seperti gerakan tangan, gerak tubuh, bertepuk tangan, dan berkedip mata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa SD Islam As-syafiiyah 02. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 SD Islam As-syafiiyah 02. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini dalam pemilihan informan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola interaksi pada masa new normal bergeser dan cenderung bersifat disosiatif, peneliti menemukan terdapat dominasi antar kelompok siswa (geng-geng an) hal tersebut diakibatkan karena tidak semua siswa dapat beradaptasi dengan cepat ketika masuk sekolah kembali dan sulit untuk berbaur dengan teman sebaya nya, faktor Penyebab Pergeseran Pola Interaksi Siswa dengan Teman Sebaya Pada Masa New Normal yaitu karena pandemic covid 19 dan adanya kebijakan pemerintah dalam penutupan sekolah dan belajar daring yang membuat siswa sulit berkomunikasi dengan baik, upaya dalam mengatasi pergeseran pola interaksi siswa dengan teman sebaya yaitu dilakukannya kegiatan belajar kelompok didalam kelas secara intens, hal ini bertujuan untuk menciptakan kembali interaksi siswa. Dengan dilakukannya pembelajaran kelompok ini siswa dapat membentuk sikap dan rasa kebersamaan, keterbukaan, dan dapat bekerjasama dalam kelompok dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | New Normal; Pola Interaksi Sosial; Siswa |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups Social Process > Social Change |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Dinda ayu lestari |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 04:35 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 04:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/60927 |
Actions (login required)
View Item |