Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Bank Sampah Induk Kota Bandung : Studi deskriptif Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung

Yuliana, Silvia Dwi (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Bank Sampah Induk Kota Bandung : Studi deskriptif Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan sampah yang tak pernah selesai. Oleh karena itu beberapa pihak mengupayakan untuk mengurangi sampah yang dibuang ke TPA dengan salah satunya membuat bank sampah untuk mengurangi sampah dan mengupayakan bijak kelola sampah kepada masyarakat. Penelitian ini ingin melihat mengenai pengelolaan sampah yang ada di Bank Sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai upaya yang dilakukan Bank Sampah Induk Kota Bandung dalam mengelola sampah, selain itu mengetahui bagaimana proses pengelolaan sampah dan hasil dari pengelolaan sampah tersebut yang berdampak pada pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori pemberdayaan menurut Wrihantlono dan Dwidjowijoto tentang proses pemberdayanan yang mencangkup penyadaran, pengkapasitasan, pendayaan dan monitoring dan evaluasi. Dan indikator keberhasilannya dapat dilihat menurut Mujianto yaitu menyangkut kemampuan ekonomi, kemampuan akses kesejahtreaan dan kemampuan kultur serta politis. Penelitian ini merupakan penelian kualitatif dengan metode deskriptif dengan menggunakan data yang didapatkan dari observasi langsung ke tempat lokasi dimana pengelolaan sampah terjadi, dilakukan juga studi dokumentasi dan wawancara kepada pihak-pihak Bank Sampah Induk Kota Bandung juga nasabahnya didukung dengan data-data lainnya yang didapatkan dari Bank Sampah Induk Kota Bandung. Pada penelitian ini, memperlihatkan upaya yang dilakukan bank sampah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Melakukan proses pengelolaan sampah dan berdampak pada pemberdayaan masyarakat. Hasil dari pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Bank Sampah Induk Kota Bandung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menabung sampah di bank sampah yang dapat dilihat dari besarnya volume sampah yang dikurangi ke TPA dan volume sampah yang dibeli oleh Bank Sampah dari masyarakat. Peningkatan volume sampah yang dikelola oleh Bank Sampah Induk Kota Bandungt tak lepas juga dari proses monitoring dan evaluasi secara bekala untuk meningkatkan keinginan masyarakat dalam mengelola sampah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sampah; Pemberdayaan Masyarakat; Bank Sampah
Subjects: Culture and Institutions
Communities > Urban Communities, Cities
Ecology
Public Preventive Medicine
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Silvia Dwi Yuliana
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:36
Last Modified: 17 May 2023 02:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60966

Actions (login required)

View Item View Item