Umami, Nida (2022) Penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di SMP Negeri 1 Jamanis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (673kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa yang diperoleh dari hasil studi pendahuluan dan hasil wawancara di SMPN 1 Jamanis. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan kategori PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa; (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas dan data yang diperoleh menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan koneksi matematis dan nontes berupa angket skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa antara yang menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping dan pembelajaran konvensional berdasarkan kategori PAM (tinggi, sedang, rendah) siswa; (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping pada umumnya siswa memberikan respon positif. Dengan demikian, metode pembelajaran Mind Mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping; Kemampuan Koneksi Matematis |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nida Umami |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 04:37 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 04:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61014 |
Actions (login required)
View Item |