Mawardini, Ajeng (2022) Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan sikap kewirausahaan berlandaskan nilai-nilai Islam pada pembuatan lilin aromaterapi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran berbasis proyek menggunakan lembar kerja serta sikap kewirausahaan siswa berlandaskan nilai-nilai Islam pada pembuatan lilin aromaterapi. Penelitian dilakukan sesuai tahapan pembelajaran berbasis proyek yang terdiri dari enam tahap yaitu mengidentifikasi masalah, membuat desain, melaksanakan penelitian, menyusun prototype, menilai produk, dan publikasi produk. Sikap kewirausahaan terdiri dari enam indikator yaitu kepemimpinan, percaya diri, pengambilan resiko, berorientasi tugas dan hasil, keorisinilan, dan berorientasi ke masa depan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain penelitian one shot case study. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII SMA di Bandung. Sumber data berasal dari observer dan siswa. Data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa, serta angket sikap kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai nilai 93 kategori sangat baik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja mencapai nilai 88 kategori sangat baik. Sikap kewirausahaan siswa mencapai nilai 78 kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan lilin aromaterapi dapat mengembangkan sikap kewirausahaan siswa yang berlandaskan nilai-nilai Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis proyek; sikap kewirausahaan; lilin aromaterapi |
Subjects: | Production, Industrial Economics > Entrepreneurs Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ajeng Mawardini |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 06:49 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 06:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61020 |
Actions (login required)
View Item |