Qolbie, Nahda Zakiyah (2022) Pengembangan E-modul berbasis Etnomatematika Islami untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Chapter 1 (Bab 1).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Chapter 2 (BAB II).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Chapter 3 (BAB III).pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Chapter 4 (BAB IV).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Chapter 5 (BAB V).pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Bibliography (Daftar Pustaka).pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika islami untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa mengacu kepada kemampuan berpikir analitis yang dialami oleh siswa di Indonesia serta sumber belajar yang digunakan oleh siswa SMA mengenai aspek etnomatematika islami yang perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk: 1) mengetahui bagaimana proses pengembangan e-modul berbasis Etnomatematika Islami untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa; 2) mengetahui bagaimana kelayakan bahan ajar e-modul berbasis Etnomatematika Islami; 3) mengetahui Bagaimana efektivitas e-modul berbasis Etnomatematika Islami dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa; 4) mengetahui bagaimana tanggapan guru dan siswa selama pembelajaran menggunakan e-modul berbasis Etnomatematika Islami. Metode pengembangan yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian pengembangan menunjukan kelayakan media dan materi mendapatkan kriteria layak digunakan yang telah divalidasi oleh ahli media dan juga ahli materi. Keefektivitasan media mendapatkan kategori cukup efektif meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa. Tanggapan siswa dan guru menduduki kategori cukup menarik dengan mendapatkan tanggapan positif atas e-modul berbasis Etnomatematika Islami untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan e-modul; Etnomatematika Islami; kemampuan berpikir analitis matematis; ADDIE |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nahda Zakiyah Qolbie |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 06:23 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61022 |
Actions (login required)
View Item |