Pengembangan E-modul berbasis Etnomatematika Islami untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa

Qolbie, Nahda Zakiyah (2022) Pengembangan E-modul berbasis Etnomatematika Islami untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Chapter 1 (Bab 1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Chapter 2 (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Chapter 3 (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Chapter 4 (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Chapter 5 (BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Bibliography (Daftar Pustaka).pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika islami untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa mengacu kepada kemampuan berpikir analitis yang dialami oleh siswa di Indonesia serta sumber belajar yang digunakan oleh siswa SMA mengenai aspek etnomatematika islami yang perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk: 1) mengetahui bagaimana proses pengembangan e-modul berbasis Etnomatematika Islami untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa; 2) mengetahui bagaimana kelayakan bahan ajar e-modul berbasis Etnomatematika Islami; 3) mengetahui Bagaimana efektivitas e-modul berbasis Etnomatematika Islami dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa; 4) mengetahui bagaimana tanggapan guru dan siswa selama pembelajaran menggunakan e-modul berbasis Etnomatematika Islami. Metode pengembangan yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian pengembangan menunjukan kelayakan media dan materi mendapatkan kriteria layak digunakan yang telah divalidasi oleh ahli media dan juga ahli materi. Keefektivitasan media mendapatkan kategori cukup efektif meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa. Tanggapan siswa dan guru menduduki kategori cukup menarik dengan mendapatkan tanggapan positif atas e-modul berbasis Etnomatematika Islami untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan e-modul; Etnomatematika Islami; kemampuan berpikir analitis matematis; ADDIE
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nahda Zakiyah Qolbie
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:23
Last Modified: 23 Nov 2022 06:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61022

Actions (login required)

View Item View Item