Kepemimpinan spiritual kepala sekolah dan kinerja guru terhadap mutu Madrasah : Penelitian pada Madrasah Aliyah Swasta Kecamatan Cisaat Sukabumi

Jatnika, Deni Rahmat (2022) Kepemimpinan spiritual kepala sekolah dan kinerja guru terhadap mutu Madrasah : Penelitian pada Madrasah Aliyah Swasta Kecamatan Cisaat Sukabumi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan kegiatan pendidikan pada Madrasah adalah kegiatan inti untuk terwujudnya pendidikan yang bermutu. Kepemimpinan menurut beberapa penelitian menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap mutu madrasah begitupun kinerja guru dan beberapa factor lainnya yang mempengaruhi kualitasa dari suatu madrasah. Metode kepemimpinan yang berkembang saat ini cukup luas yang menjadi focus utama pada penelitian ini adalah pola kepemimpinan spiritual seperti yang dikembangakan oleh fry dimana Spiritual leadership merupakan karakter seorang pemimpin yang membawa dimensi keduniawian kepada dimensi spiritual, pada sisi lain kinerja guru pun memiliki peranan penting dalam pengmbangan mutu madrasah yang mana ketuntasan dalam mengajar menjadi fokus penting dalam menentukan kualitas madrasah. Fokus penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan spiritual kepala sekolah dan kinerja guru secara parsial ataupun simultan terhadap mutu madrasah pada MA Swasta Kecamatan Cisaat Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, menggunakan teknik survei. Teknik pengambilan datanya adalah menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden (guru) dengan jumlah populasi 165 responden, sedangkan analisis data mengunakan analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis). Hipotesis yang digunakan adalah SPSS 26.0 (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan spiritual Kepala Sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama berpangaruh secara signifikan dan positif terhadap mutu madrasah dengan kontribusi sebesar 23,2% dan sisanya 76,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi bahan penelitian ini, sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh koefisien sudah signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Spiritual; Kinerja Guru; dan Mutu Madrasah
Subjects: Islam
Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Deni Rahmat Jatnika
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:25
Last Modified: 25 Nov 2022 03:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61125

Actions (login required)

View Item View Item