Pengaruh produk domestik regional bruto dan penyaluran dana zakat terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Jawa Barat periode 2015-2020

Sulaiman, Achmad (2022) Pengaruh produk domestik regional bruto dan penyaluran dana zakat terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Jawa Barat periode 2015-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (253kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi ekonomi makro yang terjadi di Provinsi Jawa Barat dan keterikatannya dalam mengurangi tingkat kemiskinan. Variabel produk domestik regional bruto dipilih karena merupakan salah satu indikator ekonomi makro yang dapat menunjukkan kinerja perekonomian suatu daerah. Variabel penyaluran dana zakat dipilih karena zakat merupakan salah satu instrumen keuangan publik Islam yang berasas tolong menolong terhadap masyarakat miskin. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Penyaluran Dana Zakat terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Jawa Barat Periode 2015-2020 baik secara parsial maupun simultan. Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah mengambil teori dari tokoh Yusuf Qaradhawi mengenai zakat yang berpengaruh berlawanan arah terhadap kemiskinan. Serta teori dari Nur Rianto Al Arif yang mengemukakan mengenai zakat dapat meningkatkan produksi yang menjadi faktor PDRB dan dapat mengurangi kemiskinan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh merupakan data sekunder yang bersumber dari situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat periode 2015-2020. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda, kolerasi sederhana pearson product moment, serta analisis uji hipotesis yang menggunakan analisis uji t dan uji f. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Secara parsial variabel PDRB berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan dengan besaran pengaruhnya sebesar 91,6%. 2) Secara parsial variabel penyaluran dana zakat berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan dengan besaran pengaruhnya sebesar 48,6%. 3) Secara simultan variabel PDRB dan penyaluran dana zakat berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan dengan besaran pengaruhnya sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Produk Domestik Regional Bruto; Penyaluran Dana Zakat; Kemiskinan
Subjects: Islam > Zakat
Macroeconomics and Related Topics
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to The Poor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Achmad Sulaiman
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:39
Last Modified: 28 Nov 2022 06:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61178

Actions (login required)

View Item View Item