Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Home Industry konveksi : Studi deskriptif di RW. 01 Dusun Pasirbiru Desa Pasirbiru Kecamatan Rancakalong

Taopik, Irman (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Home Industry konveksi : Studi deskriptif di RW. 01 Dusun Pasirbiru Desa Pasirbiru Kecamatan Rancakalong. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text
1_cover.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh tiga aspek pertama, program pemberdayaan masyarakat melalui konveksi di desa pasirbiru yang di pandang menarik ada permintaan dari luar daerah desa pasirbiru kabupaten sumedang untuk produksi konveksi. kedua, proses pemberdayaan masyarakat di desa pasirbiru nampak sesuai dengan teori pemberdayaan. ketiga, hasil pemberdayaan masyarakat mendapatkan perubahan secara ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program, proses dan hasil pemberdayaan masyarakat pada konveksi di desa pasirbir. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif (Qualitative research) karena peneliti mencoba mendeskripsikan objek yang diteliti lalu hasilnya akan berupa tulisan-tulisan mengenai pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry konveksi. Peneliti menggunakan paradigma fenomenologi karena peneliti mencoba terjun langsung mengikuti semua kegiatan yang ada di home industry, sehingga memiliki pengalaman dan bisa memaknai pengalaman tersebut. Program. Identifikasi masalah, Penentuan tujuan, Penyususnan dan pengembangan rencana program, Pelaksanaan program, Evaluasi program. Proses.. Menurut Edi Suharto (2010:59) pemberdayaan sebagai proses adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperkuat kekuasaan atau keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat, termasuk pihak yang mengalami permasalahan kemiskinan. Hasil. Memenuhi kebutuhan dasar, hingga mereka memiliki kebebasan (freedom), dalam hal ini bukan sajah bebas mengemukakan pendapat, melainkan bebas dari kelaparan, kebodohan, dan kesakitan. Menjangkau sumber produktif yang memungkinkan mereka dapat meningkatkan pendapatan, memperoleh barang dan jasa yang mereka butuhkan. Berpartisipasi dalam pembangunan dan keputusan yang mempengaruhi mereka. Pada penelitian ini, hasil yang di dapat mengenai kebebasan, adalah kebebasan masyarakat yang menjadi bagian dari home industry konveksi ketika pergi keluar rumah hanya untuk hiburan semata dengan modal/hasil dari keringat sendiri dan tidak bergantung kepada siapapun. Kemampuan membeli suatu hal kecil merupakan keadaan dimana seseorang bisa membeli apa yang menjadi kebutuhannya ataupun keleuarga yang merupakan kebutuhan primer dengan menggunakan uang hasil dari kemampuan individu. Saran untuk pemerintah Desa Pasirbiru dan lebih khususnya untuk RT. 03 RW. 01 Di antaranya memberikan modal atau dana kepada warga setempat yang belum mempunyai mesin jahit, agar bisa membeli mesin jahit untuk warga sekitar supaya berdaya dalam ekonominya atau bisa juga dengan langsung memfasilitasi kedapa warga dengan memberikannya bantuan berupa mesin jahit agar bisa bergabung di home industry konveksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi; Home Industry Konveksi
Subjects: Causation
Clothing and Accessories
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Irman Taopik
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:21
Last Modified: 09 Dec 2022 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61204

Actions (login required)

View Item View Item