Penerapan model Generative Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di SMP Al Amanah Cileunyi

Saniah, Saniah (2022) Penerapan model Generative Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di SMP Al Amanah Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandungg.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (537kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis sebagai bagian kemampuan yang perlu dimiliki dan dikembangkan pada siswa dalam pembelajaran. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis yaitu menggunakan model Generative Learning. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Generative Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Al Amanah Cileunyi menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII A dan kelas VIII C. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang menggunakan model Generative Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (b) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang menggunakan model Generative Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) yang kategorinya tinggi, sedang dan rendah (c) Terdapat peningkatan disposisi matematis antara siswa yang menggunakan model Generative Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, model Generative Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Generative Learning; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Disposisi Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Saniah Saniah
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:27
Last Modified: 30 Nov 2022 06:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61206

Actions (login required)

View Item View Item