Pengaruh labelisasi Halal dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Indomie : Pada masyarakat Desa Karangasem Kecamatan Leuwimunding

Sundari, Indri Meta (2022) Pengaruh labelisasi Halal dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Indomie : Pada masyarakat Desa Karangasem Kecamatan Leuwimunding. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (293kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (348kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (374kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (430kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Isu-isu negatif di Indonesia tentang ketidak halalan makanan seperti kasus minyak babi pada produk makanan salah satunya adalah produk mie instan Indomie telah rnembuat sebagian besar masyarakat muslim di Indonesia lebih selektif dalam memilih produk yang tidak saja higienis tetapi juga dihalalkan oleh agama. Adanya unsur babi pada beberapa produk mie instan tersebut beredar di media masa dan media sosial salah satunya adalah produk Indomie goreng yang diisukan mengandung minyak babi. Menurut Kotler, harga (price) adalah jumlah yang ditagihkan atas suatu produk atau jasa. Penetapan harga yang sesuai akan meningkatkan pembelian konsumen yang berpengaruh pada pendapatan perusahaan. Selain itu mayoritas jumlah penduduk di Indonesia beragama Islam yang lebih selektif dalam memilih produk dengan mengutamakan labelisasi halal. Hal tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian, karena jika suatu produk sudah berlabelkan halal maka umat Islam tidak akan merasa ragu ketika memutuskan untuk membeli suatu produk. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh labelisasi halal,sejauh mana pengaruh harga, serta sejauh mana pengaruh labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Indomie dengan mengambil studi kasus pada masyarakat Desa Karangasem Kecamatan Leuwimunding. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh oleh peneliti secara langsung dari hasil pertanyaan atau pernyataan melalui kuesioner kepada 400 responden melalui google form. Sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh seperti dari buku dan jurnal. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Labelisasi Halal dan Harga secara simultan atau bersamaan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian karena fhitung> ftabel atau 93,450 > 3,04 nilai signifikan yang di hasilkan 0,000 lebih kecil dari level of signifikan 0,05. Karena fhitung> ftabel maka hal ini berarti bahwa variabel Labelisasi Halal dan Harga secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Labelisasi halal; Harga; dan Keputusan Pembelian;
Subjects: Econmics
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Indri Meta Sundari
Date Deposited: 01 Dec 2022 00:39
Last Modified: 01 Dec 2022 00:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61235

Actions (login required)

View Item View Item