Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Siantar Top Tbk periode 2011-2021

Pradana, Rizky Kurnia (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Siantar Top Tbk periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Pendirian sebuah perusahaan pada umunya didasari pada satu tujuan yaitu untuk memperoleh keuntungan demi keberlangsungan usaha secara terus-menerus. Return On Asset merupakan salah satu alat ukur untuk melihat kinerja perusahaan yang menggambarkan kemampuan suatu perusahaan dalam memperoleh laba dari penjualannya. Faktor yang dapat mempengaruhi Return On Asset adalah Current Ratio dan Debt to Equity Ratio. Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat beberapa ketidaksesuaian antara data hasil laporan keuangan dengan teori yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Current Ratio secara persial terhadap Return On Asset, seberapa besarnya pengaruh Debt to Equity Ratio secara persial terhadap Return On Asset, dan seberapa besar pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity secara simultan terhadap Return On Asset. Digambarkan dalam kerangka berpikir yang digunakan bahwa terdapat hubungan yang saling berpengaruh pada setiap variabelnya antara Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset. Apabila Current Ratio mengalami peningkatan maka Return On Asset akan mengalami penurunan. Begitu pula dengan Debt to Equity Ratio jika mengalami peningkatan maka Return On Asset akan mengalami penurunan, namun Return On Asset juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui laporan keuangan tahunan PT. Siantar Top, Tbk. Periode 2011-2021 yang berasal dari halam website resmi www.siantartop.co.id . Teknik yang digunkan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis uji asosiatif berupa regresi linier, uji korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis berupa Uji t dan Uji f. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil uji nalisis koefisien determinasi pengaruh Current Ratio secara persial berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset sebesar 61,4%. Selanjutnya, Debt to Equity Ratio secara perisal berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset sebesar 81,2%. Secara simultan menunjukan Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset berpengaruh signifikan sebesar 81,3% pada PT. Siantar Top, Tbk. Periode 2011-2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Return On Asset
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rizky Kurnia Pradana
Date Deposited: 01 Dec 2022 05:18
Last Modified: 01 Dec 2022 05:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61240

Actions (login required)

View Item View Item