Muslim, Pandu (2021) Penerapan konsep manajemen strategi media online pada rubrik citizen journalism : Studi deskriptif rubrik ayo netizen pada ayobandung.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (53kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (567kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (377kB) |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
Abstract
Penyebaran informasi kini sudah semakin luas dan mudah, selain media konvensional sudah ada media online yang dapat lebih mudah diakses. Akan tetapi penyebaran informasi tersebut tidak sedikit yang merupakan berita bohong atau hoax, baik itu informasi dari media konvensional, media online bahkan media sosial, dan tidak sedikit pula masyarakat yang mempercayai hoax tersebut. Oleh sebab itu media memiliki peranan penting sebagai sarana literasi masyarakat. Ayo Bandung menjadi salah satu media yang memiliki rubrik citizen journalism yang selain menjadi sarana literasi masyarakat, juga sebagai wadah aspirasi bagi masyarakat yang ingin opininya mengenai suatu hal dimuat dimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen rubrik Ayo Netizen pada media online dengan mengetahui (1) formulasi redaksi Ayobandung.com pada rubrik Ayo Netizen (2) implementasi redaksi Ayobandung.com pada rubrik Ayo Netizen (3) evaluasi redaksi Ayobandung.com pada rubrik Ayo Netizen. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif-deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan paradigma kosntruktif interpretatif. Subjek penelitian ini adalah pemimpin redaksi ayobandung.com, asisten redaktur ayobandung.com, dan penanggung jawab rubrik Ayo Netizen. Penelitian ini berdasarkan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dokumen, jurnal dan pustaka. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa formulasi rubrik Ayo Netizen dibuat sebagai wadah aspirasi dan literasi untuk masyarakat umum, baik pria maupun wanita dan dari berbagai kalangan dengan lebih memfokuskan kepada konten kedaerahan. Kemudian untuk implementasi rubrik Ayo Netizen sehari kurang lebih terdapat 10 tulisan yang masuk, dan terdapat hadiah uang tunai untuk tulisan terpopuler sebagai bentuk apresiasi dan ajakan agar terus berkarya melalui tulisan. Sedangkan untuk evaluasi rubrik Ayo Netizen memiliki dampak positif baik terhadap pembaca, media maupun media lain yang dapat menggunakan rubrik citizen journalism ini sebagai salah satu referensi dalam penggarapan rubrik serupa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi; Citizen Journalism; Media Online |
Subjects: | General Management > Planning and Strategic Management General Management > Control and Quality Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Pandu PM Muslim |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 06:27 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 06:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61294 |
Actions (login required)
View Item |