Hudaya, Abdul Hasib (2022) Pemanfaatan Tiktok sebagai media dakwah : Studi deskriptif terhadap akun Tiktok @Yudhidarmawan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (145kB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (154kB) |
||
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka (1).pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
Abstract
Media TikTok merupakan salah satu media dengan angka pengguna tertinggi di dunia. Penyebaran informasi melalui video edukatif, informatif, atau entertain tentu menjadi suguhan utama serta andalan dari platform satu ini. Hal ini dimanfaatkan oleh salah satu pendakwah bernama Yudhi Darmawan. Beliau memanfaatkan perkembangan media, sehingga beliau melakukan kegiatan dakwah melalui video pendek dengan memanfaatkan beragam fitur pada aplikasi TikTok. Akun TikTok bernama @Yudhidarmawan. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses dakwah yang terdapat pada akun TikTok @Yudhidarmawan, bagaimana pemanfaatan TikTok sebagai media dakwah pada Yudhi Darmawan, serta apa aja faktor pendukung serta faktor penghambat dakwah melalui media sosial TikTok. Penelitian ini menggunakan teori Determinisme Teknologi McLuhan, Model Komunikasi Laswell, serta teori Strategi Komunikasi Mohr dan Nevin. Ketiga teori ini dianggap penulis sebagai teori paling tepat digunakan dalam penelitian ini dikarenakan tahap penelitian, proses penelitian, dan komponen penelitian yang diperlukan dalam penelitian ada pada ketiga teori ini. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode penelitian dan dibantu dengan menggunakan teori Determinisme Teknologi Mcluhan, metode ini acap kali digunakan untuk menggambarkan hasil penelitian sexara sistematis, mengurut fakta pada bidang tertentu secara factual dan cermat. Saat menggunakan pendekatan kualitatif, maka kita dapat menggambarkan, menjelaskan dan menjawab dengan lebih terperinci. Dalam metode deskriptif kualitatif, manusia adalah instrument penelitian. Maka dalam penelitian ini, unggahan konten dakwah video pendek dijadikan sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa proses dakwah yang dilakukan oleh akun @Yudhidarmawan merupakan dakwah yang menyerupai siaran ataupun podcast, dimana Yudhi Darmawan sebagai pelaku dakwah menayampaikan pesan dakwah berupa problematika keseharian melalui video pendek yang diunggah pada laman TikTok @Yudhidarmawan dengan target dakwah yaitu pengguna TikTok yang masih awam terhadap agama. Adapun Yudhi Darmawan menggunakan beragam strategi dan metode untuk memanfaatkan aplikasi TikTok Sebagai Media Dakwah. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasannya dakwah melalui TikTok memiliki banyak faktor pendukung untuk berdakwah akan tetapi tidak lepas dari beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan; Media Dakwah; TikTok |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Abdul Hasib Hudaya |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 04:03 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 04:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61316 |
Actions (login required)
View Item |