Sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dan Budi Pekerti hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada materi akhlak : Penelitian pada siswa kelas IX-F SMP Negeri 17 Bandung

Febrianti, Indri (2022) Sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dan Budi Pekerti hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada materi akhlak : Penelitian pada siswa kelas IX-F SMP Negeri 17 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (335kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (526kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (552kB)
[img] Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (712kB)
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru PAI dan Budi Pekerti memiliki kemampuan mengajar yang cukup baik dan telah memenuhi syarat ketercapaian kompetensi profesional. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan guru dalam menyampaikan dan menguasai materi PAI dan Budi Pekerti, sikap keteladanannya baik, mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran Namun pada kenyataannya masih ada siswa yang prestasi belajarnya rendah terutama dalam materi bab akhlak. Hal ini bisa dilihat dari nilai hasil LKPD atau ulangan harian siswa, terdapat beberapa siswa yang nilainya berada dibawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dan Budi Pekerti. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada materi akhlak. 3) Hubungan sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dan Budi Pekerti dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi akhlak. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada materi akhlak dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain ialah kompetensi profesional guru PAI. Maka demikian hipotesis yang diajukan ialah semakin baik sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru, maka semakin tinggi juga prestasi kognitif siswa yang diperoleh pada materi akhlak, dan begitupun sebaliknya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kolerasi. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 17 Bandung dan sampelnya yaitu kelas IX-F SMP Negeri 17 Bandung. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, test, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Adapun teknik analisis datanya yaitu analisis parsial dan analisis kolerasi.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sikap siswa terhadap kompetensi guru PAI dan budi pekerti berkategori tinggi dengan skor akhir 3,58 yang berda pada interval 3,51 – 4,50. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada materi akhlak berkategori sangat baik dengan nilai 81,6 dengan interval 80 – 100. 3) Hubungan sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dan budi pekerti (Variabel X) dengan hasil belajar kognitif mereka pada materi akhlak (Variabel Y) berdasarkan perhitungan analisis koefisien, kolerasinya sebesar 0,535 berkategori sedang berada pada interval 0.40-0.599. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 3.528 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2.04 yang artinya thitung > ttabelyakni Ha (Hipotesis alternatif) diterima. Dapat diambil simpulan bahwa terdapat hubungan antara sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dengan hasil belajar kognktif mereka pada materi akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional; Hasil belajar kognitif
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indri Febrianti
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:49
Last Modified: 06 Dec 2022 06:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61382

Actions (login required)

View Item View Item