Zahra, Anisa Fatimatuz (2022) Pengembangan media Electronic Physics Magazine berbasis pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (111kB) |
||
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (254kB) |
||
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (124kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (377kB) |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memaparkan terkait pengembangan media e-physics magazine berasis pendekatan SETS berupaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik yang mengacu pada indikator TOSLS (Test of Scientific Literacy Skill). Tujuan dari kegiatan penelitian, yaitu mengetahui 1) kelayakan media e-physics magazine berbasis SETS, 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media e-physics magazine, dan 3) peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik setelah menggunakan media e-physics magazine berbasis SETS. Metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest merupakan metode yang digunakan pada kegiatan penelitian. Sampel yang dipakai pada penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 5 SMAN 1 Rancaekek dengan jumlah 36 orang peserta didik. Hasil penelitian mendapatkan bahwa 1) media e-physics magazine berbasis SETS layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi melalui perhitungan uji Gregory mendapat nilai 1,9 dan 0,95 berkategori sangat tinggi, 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media e-physics magazine yang diamati oleh dua observer mendapat hasil persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 89% berkategori sangat efektif serta peserta didik sebesar 84% berkategori efektif, dan 3) peningkatan kemampuan literasi sains memperoleh nilai N-gain sebesar 0,78 berkategori tinggi. Berdasarkan hasil uji t menunjukan nilai bahwa t_hitung (35,91)>t_tabel (2,03) dengan taraf signifikansi 5%, artinya terdapat peningkatan kemampuan literasi sains setelah digunakan media e-physics magazine berbasis pendekatan SETS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic physics magazine;kemampuan literasi sain;momentum dan impuls, pendekatan SETS |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Anisa Fatimatuz Zahra |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 03:40 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 03:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61478 |
Actions (login required)
View Item |