Peran komunitas LayarBaca.com dalam meningkatkan literasi di era digital : Penelitian pada komunitas virtual LayarBaca.com

Ardila, Agustina (2022) Peran komunitas LayarBaca.com dalam meningkatkan literasi di era digital : Penelitian pada komunitas virtual LayarBaca.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftarisi.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB l)
4_bab1.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB ll)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lll)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB lV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Dunia digital seperti media sosial hadir ditengah kehidupan masyarakat layaknya pisau tajam bermata dua artinya dunia digital mempunyai dampak secara positif dan negatif. Penelitian ini dilatar belakangi akan hal tersebut yaitu pada hal ketertarikan akan penggunaan media sosial salah satunya menyebabkan kurangnya minat baca dan dalam hal bijak mengunakan media sosial ini semakin berkurang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran komunitas layarbaca.com dalam meningkatkan literasi di era digital, menelaah faktor faktor yang mendukung dan menghambat keberadaan komunitas layarbaca.com, serta menjelaskan bentuk upaya yang dilakukan oleh komunitas layarbaca.com dalam meningkatkan literasi diera digital. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori dari Talcott Parsons yaitu Struktural Fungsional dengan konsep AGIL. Konsep ini akan digunakan sebagai pisau analisis untuk menelaah bagaimana peran suatu komunitas untuk meningkatkan literasi di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif yang dimana penelitian jenis ini untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi dilapangan. Sumber datanya yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan berangkat dari data dilapangan kemudia direduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas layarbaca.com merupakan sebuah komunitas virtual yang bergerak dengan memanfaatkan media sosial instagram, website dan youtube, peran tersebut bisa dilihat langsung di akun instagram @layarbaca.official. peran tersebut terbagi menjadi 2 yaitu sebagai sumber informasi dan menambah pengetahuan baru, kemudian faktor yang mendukung dan menghambat keberadaan komunitas layarbaca.com ialah sumber daya yang aktif, kemampuan dalam menggunakan media sosial, komunikasi yang selalu terjaga, faktor yang menghambatnya setiap anggota mempunyai kesibukan masing masing kendala jaringan dan masih non profit. Selanjutnya upaya upaya yang dilakukan tentunya berupa kegiatan kegiatan yang erat kaitanya dengan literasi dan literasi digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran;Komunitas;Komunitas Virtual;Komunitas Literasi;Literasi di Era Digital
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Groups
Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Agustina Ardila
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:16
Last Modified: 09 Dec 2022 02:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61512

Actions (login required)

View Item View Item