Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return On Asset (Roa) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Astra Otoparts, Tbk periode 2011-2021

Pasundan, Bangkit Haryo (2022) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return On Asset (Roa) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Astra Otoparts, Tbk periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Return On Asset (ROA) adalah rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan menggunakan asset perusahaan. Terdapat faktor yang mempengaruhi Return On Asset (ROA), misalnya rasio Total Assets Turnover (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM). Semakin tinggi Total Assets Turnover (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) maka semakin tinggi pula Return On Asset (ROA). Permasalahan yang terjadi adalah ketika Total Assets Turnover (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) mengalami peningkatan, justru Return On Asset (ROA) mengalami penurunan ataupun sebaliknya, seperti yang terjadi pada PT. Astra Otoparts, Tbk periode 2011-2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA), pengaruh Gross Profit Margin (GPM) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) dan pengaruh Total Asset Turn Over (TATO), Gross Profit Margin (GPM) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) di PT. Astra Otoparts, Tbk Periode 2011-2021. Kerangka berfikir penelitian ini adalah Total Asset Turn Over (TATO) yang semakin besar akan meningkatkan Return On Asset (ROA) perusahaan karena dapat mengefektifkan asset yang dimiliki sehingga laba akan meningkat, serta Gross Profit Margin (GPM) yang semakin besar akan meningkatkan jumlah Return On Asset (ROA) karena bertambahnya keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 28.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Total Asset Turn Over (TATO) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan koefisien determinasi 35.6%, dan thitung 2.230. Gross Profit Margin (GPM) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan koefisien determinasi 61.9% dan thitung 3.824. Total Asset Turn Over (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh simultan secara signifikan terhadap Return On Asset (ROA) yakni Fhitung 10.363. dan koefisien determinasi 72.2%, sisanya 27.8% merupakan presentase dari faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Analisis Manajemen Keuangan Syariah dalam Total Asset Turnover (TATO) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Return On Assets (ROA) mampu memberikan laba, dapat dikatakan bahwa manajemen perusahaan dalam mengelola assetnya yakni sangat baik sehingga meningkatkan kemakmuran perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turn Over (TATO); Gross Profit Margin (GPM); Return On Asset (ROA)
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Capital
Financial Economics, Finance > Investment
Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Bangkit Haryo Pasundan
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:28
Last Modified: 14 Dec 2022 08:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61533

Actions (login required)

View Item View Item