Hubungan manajemen pembelajaran blended learning dengan keterampilan mengajar guru: Penelitian pada guru di SD Bandung Islamic School dan SD Assalam Bandung

Defitriliana, Defitriliana (2022) Hubungan manajemen pembelajaran blended learning dengan keterampilan mengajar guru: Penelitian pada guru di SD Bandung Islamic School dan SD Assalam Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (458kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 salah satunya berdampak pada bidang pendidikan. Dampak yang ditimbulkan akibat pandemi ini pada dunia pendidikan, diantaranya tidak ada aktifitas di dalam sekolah hingga aktifitas belajar mengajar yang ditiadakan sementara waktu. Model pembelajaran blended learning menjadi solusi alternative agar proses belajar mengajar dapat terlaksana selama masa pandemi, model pembelajaran blended learning merupakan model pembelajaran dengan memadupadankan aktifitas secara langsung (offline) dengan daring (online). Dan salah satu faktor keberhasilan proses pembelajaran blended learning ini diantaranya keterampilan mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Pembelajaran Blended Learning di Bandung Islamic School dan SD Assalam Bandung, 2) Keterampilan mengajar guru di Bandung Islamic School dan SD Assalam Bandung, 3) Menguji hipotesis hubungan manajemen pembelajaran blended learning dengan keterampilan mengajar guru di Bandung Islamic School dan SD Assalam Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaitf, dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deksriptif korelasional. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket kuisioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji instrument (keterbacaan, validitas, dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasayarat (normalitas dan linieritas) dan uji korelasi (koefisien korelasi dan koefisien determinasi). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pembelajaran blended learning di sekolah tersebut bernilai 3,41 yang termasuk dalam kategori tinggi, artinya manajemen dilaksanakan secara efektif dengan menerapkan 5 fungsi manajemen didalamnya, angka ini dinilai berdasarkan 5 indikator manajemen. Kemudian, hasil penelitian keterampilan guru menunjukan nilai sebesar 3,43. Artinya guru di kedua sekolah tersebut memiliki keterampilan yang memadai dalam melaksanakan tugasnya untuk mengimplementasi kompetensi dasar yang harus dimiliki seorang guru. Selanjutnya, hasil analisis koefisien korelasi menunjukan angka sebesar 0,674 antara manajemen pembelajaran blended learning dengan keterampilan mengajar guru memiliki keterikan hubungan yang erat, karena terampilya guru dalam mengelola pembelajaran akan menentukan keberhasil proses pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Blended Learning; Guru
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Defitriliana Defitriliana
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:18
Last Modified: 09 Dec 2022 03:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61536

Actions (login required)

View Item View Item