Hubungan antara pelayanan prima dengan citra Hotel Puri Khatulistiwa

Dwiniawati R P, Raden (2013) Hubungan antara pelayanan prima dengan citra Hotel Puri Khatulistiwa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Pelayanan prima adalah suatu sikap atau cara karyawan dalam melayani pelanggan secara memuaskan. Dalam pelayanan prima terdapat dua elemen yang saling berkaitan, yaitu pelayanan dan kualitas. Kualitas pelayanan harus dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir pada persepsi pelanggan Tujuan Public Relations secara universal adalah untuk menciptakan, memelihara, meningkatkan dan memperbaiki citra organisasi di mata publik yang disesuaikan dengan kondisi-kondisi daripada publik yang bersangkutan. Citra erat kaitannya dengan suatu penilaian, tanggapan, opini, kepercayaan publik, asosiasi atau simbol-simbol tertentu terhadap bentuk pelayanan, nama perusahaan, dan merek suatu produk barang atau jasa dari pihak publik sebagai khalayak sasarannya. Penelitian ini dilakukan di Hotel Puri Khatulistiwa Jl. Raya Jatinangor KM. 20 Bandung 45363. Fokus penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan fasilitas yang ada di Hotel Puri Khatulistiwa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana (1) Pelayanan Prima di Hotel Puri Khatulistiwa; (2) Citra di Hotel Puri Khatulistiwa; dan (3) Hubungan antara Pelayanan Prima dengan Citra di Hotel Puri Khatulistiwa. Adapun penelitian ini menggunakan teori integrasi informasi untuk menalasis pelayanan prima di Hotel Puri Khatulistiwa, sedangkan untuk menganalisis citra Hotel menggunakan teori citra. Dan teori pertukaran sosial untuk menganalisis hubungan pelayanan prima dengan citra di Hotel Puri Khatulistiwa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Penelitian korelasi dirancang untuk menentukan tingkat hubungan variabel-variabel yang berbeda dalam suatu populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Hotel Puri Khatulistiwa. Pengambilan sampel dibatasi dengan jumlah sampel 50 orang konsumen Hotel yang pada saat itu sedang menggunakan fasilitas jasa atau barang di Hotel Puri Khatulistiwa. Berdasarkan hasil penelitian dari indikator pelayanan prima : Reliability (keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Empathy (Empati) dan Assurance (Jaminan) bernilai 3,4 yaitu Sedang/Cukup. Menunjukan bahwa pelayanan prima yang dilakukan Hotel Puri Khatulistiwa adalah cukup. Sedangkan dari indikator citra : Citra yang Beredar (Current Image) dan Citra Penampilan (Performance Image) bernilai 3,4 yaitu Sedang/Cukup. Menunjukan bahwa citra Hotel Puri Khatulistiwa adalah cukup. Perhitungan korelasi dengan menggunakan rumus product moment, maka dapat diketahui bahwa hasil yang diperoleh rxy adalah sebesar 0,481 dan berada pada korelasi hubungan yang sedang/cukup, artinya pelayanan prima memiliki hubungan yang cukup terhadap citra Hotel Puri Khatulistiwa. Nilai t tabel dengan signifikan 5% dan dk = 48, maka ttabel yaitu 1,677. Oleh karena thitung = 3,799 > ttabel = 1,677, maka hipotesis alternatif diterima. Dapat diketahui bahwa pelayanan prima (Variabel X) mempunyai hubungan dengan citra (Variabel Y) sebesar 86,7%. Sedangkan sisanya sebesar 13,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang memerlukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 29 May 2018 21:03
Last Modified: 29 May 2018 21:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6165

Actions (login required)

View Item View Item