Implementasi kebijakan Peraturan Desa Karangsewu nomor 3 tahun 2016 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun anggaran 2017

Susilawati, Risa (2020) Implementasi kebijakan Peraturan Desa Karangsewu nomor 3 tahun 2016 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun anggaran 2017. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah pokok: implementasi kebijakan Peraturan Desa di Desa Karangsewu yang belum terimplementasi dengan baik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor kritis yaitu komunikasi kebijakan yang belum maksimal, sumber daya yang belum memadai dan struktur birokrasi yang tidak dijalankan dengan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam implementasi kebijakan Peraturan Desa Karangsewu Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karangsewu Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder yang berupa data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur dan pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kebijakan belum maksimal dilakukan. Komunikasi dalam implementasi kebijakan tersebut belum maksimal tersampaikan kepada seluruh masyarakat. Sumber daya yang dimiliki oleh kebijakan Perdes Karangsewu nomor 3 tersebut yaitu masih belum memadai, baik dari staf yang sudah mencukupi dari segi kuantitasnya tetapi belum mencukupi dari segi kualiitas, maupun dari segi fasilitas, Desa Karangsewu masih membutuhkan komputer, bangunan yang luas, dan jaringan telekomunikasi terutama jaringan internet. Sikap para implementor sudah baik, namun dalam pengangkatan birokrat belum sepenuhnya memenuhi kriteria pengangkatan yang diharapkan. Pemerintahan desa belum memiliki dana yang cukup untuk dijadikan sumber dana insentif. Laporan yang diberikan terlambat dilakukan sebab pemerintahan sebelumnya tidak tertib administrasi. Kemudian dari koordinasi secara langsung masih terhambat dikarenakan akses menuju pusat pemerintahan daerah kabupaten Garut memiliki jarak yang cukup jauh dan harus melewati akses jalan yang sulit untuk ditempuh dengan cepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Peraturan Desa
Subjects: System of Government and States
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Risa Susilawati
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:06
Last Modified: 19 Dec 2022 02:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61706

Actions (login required)

View Item View Item