Fungsi preventif bimbingan kelompok dalam meminimalisir bahaya penggunaan narkoba: Penelitian di yayasan grapiks Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Rafi, Muhamad (2022) Fungsi preventif bimbingan kelompok dalam meminimalisir bahaya penggunaan narkoba: Penelitian di yayasan grapiks Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah penyalahgunaan narkoba merupakan sesuatu yang berbahaya di dunia ini khususnya di Indonesia. Banyak sekali dari berbagai kalangan pengguna narkoba baik itu kalangan bawah menengah dan atas. Maka dari itu kegiatan tersebut harus berangsur-angsur dihilangkan, Yayasan Grapiks merupakan Yayasan yang bergelut dalam penyimpangan sosial tersebut. Oleh karena itu di Yayasan grapiks melakukan program-program preventif untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba, khususnya di bidang sosial dan Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui bimbingan kelompok, untuk mengetahui Langkah-langkah, dan untuk mengetahui output dalam fungsi preventif bimbingan kelompok dalam meminimalisir bahaya penggunaan narkoba di Yayasan Grapiks Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Metode ini dan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Deskriptif Kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini didasari oleh teori menurut bimbingan kelompok merupakan salah satu teknik bimbingan yang berusaha membantu individu agar dapat mencapai perkembangannya secara optimal sesuai dengan kemampuan, bakat,minat, serta nilai-nilai yang dianutnya dan dilaksanakan dalam situasi kelompok. Bimbingan kelompok ditujukan untuk mencegah timbulnya masalahpada siswa dan mengembangkan potensi siswa(Client). Metode ini dan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Deskriptif Kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fungsi preventif bimbingan kelompok di Yayasan Grapiks Di Yayasan Grapiks terdapat bimbingan kelompok untuk client pengguna narkoba, khusunya pengguna narkoba suntik. Di Yayasan grapiks sendiri terdapat bimbingan kelompok terhadap dua program yang ada yaitu di program rehabilitasi dan harm reduction. Dari bimbimbingan kelompok tersebut berisi tentang kegiatan yang bersifat edukatif. roses layanan bimbingan kelompok di Yayasan Grapiks adalah 3F, yang pertama adalah perencaan, yang kedua adalah aksi, dan yang ketiga adalah tahap Evalusi. Output dari bimbingan kelompok itu, client mampu merubah kesadaran dan sudut pandang yang awal mulanya mengguna aktif menjadi mengurangi atau berhenti dan memperhatikan resiko jangka pendek atau panjang dari penggunaan narkoba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Preventif; Bimbingan Kelompok; Narkoba.
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhamad Rafi
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:20
Last Modified: 14 Dec 2022 07:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61724

Actions (login required)

View Item View Item