Rizki, Sigit Muhamad (2017) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Harga Saham Di PT. Unilever Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK1.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I revisian.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II revisian.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III revisian.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV revisian.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V revisian.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA revisian.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
Abstract
Lembaga keuangan merupakan intermediasi dalam lalu lintas keuangan yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah lembaga keuangan non bank berupa pasar modal yang ada di Bursa Efek Indonesia. Pasar modal melakukan jual beli surat berharga dengan para penyalur dana (investor) dan pengelola dana (perusahaan). Dalam melakukan jual belinya, surat berharga yang diperdagangkan salah satunya adalah saham. Penjualan dan pembelian saham ditentukan oleh keadaan harga saham tersebut. Adapun keadaan yang dapat mempengaruhi harga saham dapat dilihat dari tingkat kesehatan keuangan suatu perusahaan seperti pada tingkat likuiditas (pemenuhan kewajiban perusahaan) berupa Current Ratio dan tingkat profitabilitas (kemampuan menghasilkan laba) berupa Net Profit Margin. Current ratio adalah salah satu rasio likuiditas yang digunakan untuk mengungkapkan jaminan keamanan perusahaan terhadap kreditor jangka pendek. Net Profit Margin (NPM) merupakan salah satu rasio untuk mengukur kemampuan bank dalam menghasilkan laba bersih dari kegitan pokoknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham di PT. unilever Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah metode deskriptif, analisis dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data historis berupa data time series. Data yang digunakan adalah laporan keuangan PT. Unilever Indonesia Tbk. Tahun 2005-2014. Dalam penelitian ini terdapat tiga vaiabel yaitu Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) sebagai variabel independen dan Harga Saham sebagai variabel dependen. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi linear berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM), analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis (Uji t), dan analisis uji fisher (Uji F). Hasil penelitian menunjukan secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Harga Saham adalah 0,679 atau 67,9% dan pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Harga Saham adalah 0,608 atau 60,84% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) 0,697 atau 69,7% berpengaruh terhadap Harga Saham, sedangkan sisanya 30,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung 8,036 dengan tingkat signifikan 0,015%. Artinya, terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Harga Saham.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Current Ratio (CR); Net Profit Margin (NPM); Harga Saham |
Subjects: | General Management > Financial Management General Management > Management of Production |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 04:08 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 04:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6173 |
Actions (login required)
View Item |