Agustiani, Meilinda (2022) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan relevansinya dengan mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
||
Text (BAB IV)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
Abstract
Jika digali lebih jauh, banyak cara untuk menanamkan pendidikan aqidah akhlak pada siswa sekolah dasar, yaitu dengan memberikan serta menerapkan pembelajaran aqidah akhlak dalam kehidupan sehari-hari yang bersumber pada buku guru maupun murid sesuai kurikulum 2013. Namun di samping itu, banyak juga buku atau kitab yang membahas mengenai pendidikan akidah dan akhlak. Seperti hal nya penelitian kali ini, yang memfokuskan karya tulis novel sebagai sarana bagi pendidikan. Kandungan yang dianalisa dalam novel selain dari aspek bacaan peneliti menganalisis tentang nilai-nilai religius tentang nilai-nilai pendidikan islam khususnya mengenai akidah dan akhlak yang tersaji dalam novel Sang Pemimpi, serta relevansinya dalam mata pelajaran aqidah akhlak untuk jenjang sekolah dasar. Tujuan penelitian skripsi ini untuk mendeskripsikan (1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang pemimpi karya Andrea Hirata. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dengan mata pelajaran aqidah akhlak di MI. Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata ini mengandung nilai pendidikan islam di dalamnya. Terdapat sembilan poin, yang terbagi menjadi dua garis besar, yaitu aqidah dan akhlak. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis, yang merupakan teknik untuk memhami isi atau pesan didalamnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata mengandung nilai-nilai pendidikan islam meliputi nilai aqidah (bertauhid dan mengimani qada dan qadar), nilai akhlak (toleransi, profesional, bekerja keras, ikhlas, optimis, taubat, berbakti terhadap orang tua, pantang menyerah). Relevansi antara nila-nilai pendidikan Islam dalam novel Sang Pemimpi dengan mata pelajaran aqidah akhlak diantaranya dalam nilai aqidah terdapat dalam semua jenjang (kelas 1-6). Nilai akhlak diajarkan di berbagai tingkatan kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nila; Pendidikan Islam; Novel Sang Pemimpi; Akidah Akhla |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Qadha dan Qadar, Takdir |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Meilinda Agustiani |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 04:25 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 04:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61755 |
Actions (login required)
View Item |